Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kisah Kolaborasi Lagu 'Palsu' 20 Tahun Lalu, The Fly & Otong Koil Ternyata Tak Pernah Bertemu Sebelumnya

Senin, 12 September 2022 15:34 WIB
Kisah Kolaborasi Lagu 'Palsu' 20 Tahun Lalu, The Fly & Otong Koil Ternyata Tak Pernah Bertemu Sebelumnya
Credit: instagram.com/theflyindonesia

Kapanlagi.com - The Fly mengajak Otong Koil untuk berkolaborasi dalam lagu Palsu pada tahun 2002 silam, dimana mereka menggabungkan musik rock dengan nuansa elektronika mungkin bisa dikatakan sebagai satu momentum meleburnya idealisme untuk sebuah karya lagu.

Terbang merupakan debut pengantar sukses band asal Jakarta, The Fly. Band yang personelnya kini tersisa Kin (Gitar dan Vocal) dan Levi (Bass) masih eksis hingga kini. Mereka memang lebih aktif dibalik layar, membantu banyak sekali band lokal dalam memproduksi dan membimbing materi karya-karya lagunya. The Brandals dan Naif adalah segelintir dari band yang identik satu tongkrongan dengan The Fly.

Memasuki era 2000an, The Fly yang sedang getol mengeksplorasi suara elektronik untuk kebutuhan album berikut mereka, Episode III. The Fly waktu itu telah menyelesaikan seluruh rekamannya dan sedang menyelesaikan mixing album tersebut, termasuk lagu Palsu. Kin dan Levi yang pada saat itu diundang untuk menghadiri konser terakhir Pupen, dan untuk pertama kalinya mereka melihat penampilan dari band asal Bandung, Koil.

“Levi tuh lagi ngulik banget sound-sound elektronik yang memang akan diaplikasikan di Episode III. Trus pas kita liat Koil secara live, sound dan look nya menyita perhatian kita berdua. Kita pengen tahu apa memungkinkan kita untuk bekerja sama. Soalnya kita merasa nyambung dengan konsep Episode III, walau mereka sih keras banget udah nyerempet industrial rock ahahahaha,” ujar Kin sang vokalis.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Punya Konsep yang Sama

Gambar

Melihat kesamaan konsep dengan apa yang dipertunjukkan oleh Koil saat itu, The Fly mencoba untuk menghubungi pihak Koil untuk mengajak kerjasama. Namun tak satu pun dari mereka yang kenal dengan pihak Koil.

“Kita memang ga saling kenal dengan mereka. Dan karena kesibukan masing-masing, dimana saat itu The Fly dan Koil memang lagi sering banget main offline. Akhirnya kontakan dilakukan full melalui manager. Setelah kita kirim materi demo dan Otong Koil juga suka dengan materinya, akhirnya kita rekam ulang versi baru lagu Palsu,” Tambahnya.

2. Belum Pernah Bertemu Sebelumnya

Gambar

Selama proses pengerjaannya, mulai dari penulisan ulang, merekam gitar, take vocal hingga mixing mastering ternyata mereka tidak pernah bertemu langsung.

“Kita ga pernah ketemu sama sekali. Kita kirim-kiriman CD data ahahahaha. Pas kita dengerin, wah ini lagu jadi keras banget. Tapi kita semua suka. Otong dan Koil benar-benar serius ngerjainnya. Bisa di lihat dari Track vocal yang bener2 banyak dan penuh lengkap dengan berbagai alternatif. Sampai akhirnya kita justru mengurangi porsi vocal Kin dan Bjah untuk memberi ruang bagi Otong,” Levi Menambahkan.

3. Sempat Khawatir

Gambar

Ada rasa khawatir dari mereka ketika akan mempresentasikan lagu tersebut ke pihak label, karena lagu tersebut memang terkesan sangat keras sekali. Namun gayung bersambut baik, ternyata tim A&R memberi dukungan penuh untuk materi ini.

“Lagu (Palsu) ini memang berubah menjadi berkesan sangat keras, namun dengan polish dan finishing touch yang baik akhirnya lagu tersebut diterima dengan baik sekali oleh teman-teman radio. Kita merasa bahwa karya ini menjadi satu karya yang monumental bagi kami. Dan yang paling penting, Gue dan Levi happy banget, langkah kita mempercayakan intuisi kita untuk ajak Otong Koil membuahkan hasil yang baik bahkan melebihi ekspektasi kita hahahahaa,” Kin menambahkan.

“Dan yang paling gokil adalah kita baru bisa bertemu Otong saat pembuatan video musiknya yang hingga saat ini belum pernah kita sama-sama satu panggung untuk bawain lagu tersebut ahahahhaa,” Levi menutup sesi bincang-bincang kami.

Kini, album Episode III sudah tersedia diseluruh platform music digital, mari sama-sama kita dengarkan kembali kolaborasi The Fly feat Otong Koil dalam lagu Palsu.