Konser di Jakarta, Gaya Duran Duran Paling Ditunggu Fans

Yunita Rachmawati | 02 April 2008, 18:23 WIB
Kapanlagi.com - Selain terkenal dengan lagu-lagunya yang enak didengar, Duran Duran juga diketahui memiliki gaya busana yang nyentrik. Maka tak heran jika pengamat musik Denny Sakrie menilai gaya busana mereka menjadi hal yang paling ditunggu penggemar di tanah air saat menggelar konser bertajuk An Evening with Duran Duran di Balai Sidang Jakarta, Selasa (8/4).

"Pasti orang datang ke konser tidak hanya untuk musiknya, tapi juga untuk melihat gaya busana Duran Duran yang memang paling ditunggu penggemar yang penasaran apakah mereka akan berpakaian seperti gaya mereka tahun 1980an atau sekarang beda lagi," ujar Denny dalam acara 'Media Briefing jelang Konser Duran Duran' di Jakarta, Rabu (2/4).

Denny mengungkapkan pada masa keemasan Duran Duran, para personil grup ini selalu tampil beda dibanding kelompok musik beraliran rock lainnya. Duran Duran yang awalnya digawangi Nick Rodhes (keyboard) dan John Taylor (bass) ini selalu berdandan rapi memakai blazer, bagian lengan blazer dilinting sebatas siku, bersepatu kasual (sneaker), dan berdandan memakai maskara, eye liner, dan hair spray.

"Pokoknya mereka 'dandan' banget setiap tampil. Ini terinspirasi penampilan penyanyi favorit mereka, David Bowie," ujar Denny.

Ia menambahkan, "Musik, gaya dandanan, hingga gaya rambut mereka menginspirasi banyak orang di dunia. Terutama potongan rambut LeBon yang ada kuncir di bagian belakang, bahkan menjadi inspirasi Hilman Hariwijaya menciptakan gaya rambut Lupus seperti LeBon."

Duran Duran berdiri pada 1978 di Birmingham, London. Di industri musik dunia, Duran Duran berhasil mempopulerkan aliran new wave yang sebelumnya tidak terlalu dikenal hingga akhirnya menjadi salah satu aliran musik yang menginspirasi banyak musisi dunia.

Selama tiga dekade mereka telah berhasil menempatkan 21 lagu mereka di tangga lagu Billboard Hot 100 dan 30 lagu di deretan Top 40 di Inggris. Penjualan album mereka selama itu mencapai 85 juta keping.

Kedatangan mereka di Jakarta merupakan kerja sama Nepathya dan disponsori Dji Sam Soe Filter. Konser Duran Duran ini merupakan yang kedua di Jakarta setelah konser pertama mereka pada 1994.

Formasi Duran Duran dalam konser nanti adalah Simon LeBon (vokal), Nick Rodhes (keyboard), John Taylor (bass), dan Roger Taylor (drum).

Kedatangan Duran Duran merupakan bagian dari tur dunia dan promo album terbaru mereka RED CARPET MASSACRE yang diluncurkan ke pasaran pada Desember 2007. Album ini merupakan album kolaborasi dengan produser Timbaland, Nate 'Danja' Bills, dan Justin Timberlake(*/boo)

Editor:  

Yunita Rachmawati