Kronologi Batalnya Konser Lany, Situasi Sempat Chaos Karena Penonton Ricuh

Guntur Merdekawan | Rabu, 14 Agustus 2019 10:28 WIB
Kronologi Batalnya Konser Lany, Situasi Sempat Chaos Karena Penonton Ricuh

Kapanlagi.com - Band Indie Pop asal Amerika, LANY dijadwalkan untuk menggelar konser di Tennis Indoor Senayan, Jakarta sebagai rangkaian dari 'LANY Malibu Night Tour' mereka. Band yang digawangi oleh Paul Jason Klein, Charles Leslie Priest dan Jake Clifford Goss itu rencananya menggelar konser selama 2 hari, yakni pada Hari Selasa (13/8) dan Rabu (14/8).

Meski ini bukan kali pertama LANY datang ke Indonesia, namun animo publik masih begitu tinggi. Hal itu terlihat dari penjualan tiket konser mereka yang terjual sangat cepat sejak pertama diumumkan. Terlebih lagi, Svmmerdose yang digawangi oleh Iqbaal Ramadhan juga didapuk sebagai band pembukanya.

Sayangnya, penampilan hari pertama LANY harus berakhir dengan sebuah cerita yang kurang mengenakkan dan berujung pada kerusuhan. Begini kronologinya..

 

1 dari 6 halaman

1. Penonton Antre Selama Berjam-Jam

Penonton Antre Selama Berjam-Jam Para Penonton Konser LANY © KapanLagi/Bayu Herdianto
Gate venue dijadwalkan buka pukul 17:30 sore. Para penonton pun terlihat sudah ramai memadati sekitaran area konser sejak siang. Namun sayangnya, mereka harus sedikit bersabar untuk menyaksikan sang idola, mengingat pintu masuk baru dibuka 3 jam dari waktu yang telah dijanjikan.

Kala itu, tidak ada kejelasan apapun dari pihak promotor atau kru konser. Penonton pun sempat gemas dan emosi karena sudah menunggu masuk ke venue sejak berjam-jam.

2 dari 6 halaman

2. Update Mengenai Keterlambatan

Update Mengenai Keterlambatan Klarifikasi pihak promotor © Instagram/vizionvibe
Update mengenai keterlambatan baru didapatkan para penonton lewat sosial media pihak promotor Vizion Vibe. Mereka menyebut jika ada kendala teknis yang terjadi dan minta maaf pada penonton agar bersabar menantikan penampilan LANY.

"Karena kendala teknis, kita harus menunda acara sebentar. Tolong tunggu informasi selanjutnya, kita akan mengumumkannya sesegera mungkin," tulis akun media sosial Vizion Vibe mengenai keterlambatan dibukanya gerbang venue.

Rasa kecewa masih tersisa dalam benak para penonton, karena mereka cuma diberitahu melalui sosial media. Namun demi sang idola, penonton pun akhirnya bersabar dan menantikan gerbang venue dibuka.

3 dari 6 halaman

3. Pembatalan Konser Hari Pertama

Pembatalan Konser Hari Pertama Klarifikasi pihak promotor © Instagram/vizionvibe
Sudah menunggu lama, muncul pengumuman baru dari pihak promotor yang membuat kesabaran para penonton benar-benar habis. Ya, lagi-lagi lewat akun media sosialnya, Vizion Vibe memberikan update dadakan jika konser hari pertama LANY resmi ditunda untuk hari ini, Rabu (14/8). Singkat kata, konser LANY bakal digelar 2 kali dalam sehari.

"Karena alasan kesehatan dan keselamatan di dalam venue, kita terpaksa menjadwalkan ulang penampilan LANY untuk besok. Kita akan menggelar 2 acara sekaligus besok, Jumat (14/8). Bagi kalian yang memegang tiket malam ini, konser akan digelar pada pukul 6 sore. Gate venue dibuka pada pukul 5 sore. Sementara bagi kalian yang memegang tiket untuk Hari Rabu (14/8), konser akan dimulai pukul 10 malam. Pintu untuk penampilan kedua akan dibuka pukul 9 malam," tulis Vizion Vibe pada klarifikasinya yang lain.

4 dari 6 halaman

4. Penonon Ricuh, Suasana Chaos

Penonon Ricuh, Suasana Chaos Para Penonton Konser LANY © KapanLagi/Bayu Herdianto
Meski sudah ada kejelasan jika konsernya ditunda, para penonton sudah terlanjur habis kesabaran. Pasalnya mereka sudah menunggu selama berjam-jam tanpa kejelasan dari pihak promotor sama sekali. Apalagi pengumuman itu mereka dapatkan cuma melalui sosial media.

Aksi protes di depan pintu venue pun tak terhindarkan. Bahkan sempat terjadi ricuh saat penonton mendesak masuk lewat pintu kaca. Tak jarang terlihat beberapa botol minuman melayang ke arah para petugas keamanan yang berjaga. Situasi benar-benar chaos malam itu.

5 dari 6 halaman

5. Permintaan Maaf Pihak LANY

Sikap berbeda ditunjukkan oleh pihak LANY. Salah satu perwakilan mereka, Steve Day keluar menemui dan mencoba menenangkan amarah para penonton. Dengan berat hati Steve menjelaskan jika konser memang harus ditunda karena masalah keamanan terkait adanya kendala seputar kelistrikan.

Penonton pun lantas menyambut baik permintaan maaf dari pihak LANY. Terlebih lagi, setelahnya pelantun Super Far itu juga memberikan update lewat akun Instagram mereka terkait ditundanya acara sambil minta maaf yang sebesar-besarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
A post shared by LANY (@thisislany) on Aug 13, 2019 at 6:43am PDT

 

"Update Jakarta. Kami sungguh minta maaf. Ini benar-benar di luar kontrol kami dan kita sedang mencoba yang terbaik untuk tetap tampil. Kami cinta kalian," tulis akun Instagram @thisislany dalam Bahasa Inggris.

6 dari 6 halaman

6. Panggung Rapuh dan Seakan Mau Roboh?

Panggung Rapuh dan Seakan Mau Roboh? © Istimewa
Dari kabar yang beredar, ada masalah krusial yang disembunyikan pihak promotor mengenai ditundanya konser LANY. Masalah keamanan yang dimaksud adalah karena panggung konser yang disiapkan sangat jauh dari harapan dan standar LANY.

Panggung disebut dibangun apa adanya. Bahkan ketika dicoba, panggungnya sempat goyang karena terlihat sangat rapuh. Pembukaan gate venue sempat ditunda karena pihak promotor harus merombak ulang panggung sesuai dengan permintaan, atau setidaknya standard keamanan LANY.

Namun perlu dicatat jika kabar ini masih simpang siur kebenarannya dan pihak Kapanlagi juga masih akan terus menggali informasi lebih dalam ke berbagai pihak yang terlibat. Stay tune with us!

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

TOPIK TERKAIT
 
↑