'Lagu Cinta', Single Baru Persembahan Ecoutez yang Diangkat dari Kisah Nyata

Galuh Esti Nugraini | Jum'at, 15 Februari 2019 15:15 WIB
'Lagu Cinta', Single Baru Persembahan Ecoutez yang Diangkat dari Kisah Nyata

Kapanlagi.com - Lama tak terdengar, band Pop-Jazz yang terbentuk sejak 2005, Ecoutez kembali merilis single baru berjudul Lagu Cinta. Selain dipersembahkan spesial di hari Valentine, ternyata lagu ini punya makna yang dalam.

Terlebih, lagu ini tercipta dari kisah nyata yang dialami sang gitaris. Ayi, gitaris Ecoutez harus rela ditinggalkan sang istri yang dicintainya, Fira, karena menderita penyakit leukimia. Ayi pun menumpahkan seluruh emosinya menjadi sebuah karya bernama Lagu Cinta.

"Lagu Cinta itu lagu terakhir yang saya ciptakan untuk almarhumah istri saya. Kenapa judulnya Lagu Cinta? Karena saya bukan menuliskan lagu perpisahan, tapi lagu cinta," kata Ayi saat perilisan Lagu Cinta di Electrolux Taste and Care Center, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/2).

"Dia (Ayi) emang paling jago bikin lagu. Lagu Cinta ini punya kesan yang paling dalam untuk Ecoutez. Lagu ini diciptakan ketika liburan Ayi dengan istrinya, dia lagi sakit leukimia, bulan Maret. Ayi menciptakan bukan lagu perpisahan, ngga ada kata-kata perpisahan di situ," tambah Andrea Lee, sang vokalis.

 

 

 

 

 

 

1 dari 3 halaman

1. Sosok Istri Ayi

Sosok Istri Ayi Single yang menceritakan kisah nyata gitaris Ecoutez (credit: Kapanlagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono)
Bagi Andrea Lee, vokalis Ecoutez sejak 2011 ini menganggap Fira merupakan sosok yang berpengaruh bagi Ecoutez. Bahkan, pernah ada satu kesempatan Fira menyampaikan pesan padanya langsung.

"Fira jadi orang yang berpengaruh buat Ecoutez. Bahkan, saya gabung di 2011, Fira itu orang yang buat Ecoutez ada sampai hari ini," kata Andrea.

"Dia pernah bilang, 'Re, yang bagus ya nyanyinya karena gua suka banget lagu ini'. Karena lagu ini sangat berarti untuk Fira, jadi ini emosinya dalam sekali untuk kami semua," sambungnya.

2 dari 3 halaman

2. Rilis Video Klip

Selain lagu, Ecoutez sekaligus merilis video klip pada kesempatan yang sama. Video klip tersebut pun dibuat senatural mungkin seperti apa yang Ayi dan Fira lalui selama ini. Latar tempatnya pun ada yang diambil di lingkungan rumah mereka.

"Kita mau menangkap sebisa mungkin, semua ruangan ini deket sekali seperti yang kita liat. Ini mewakili sekali momen keseharian Ayi sama Fira (alm)," jelas Iyas sang Keyboardist.

3 dari 3 halaman

3. Buat Haru

Buat Haru Single Ecoutez terbaru penuh haru (credit: Kapanlagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono)
Setelah mendengar langsung cerita di balik terciptanya Lagu Cinta, para penggemar, media, dan semua orang yang hadir di tempat tersebut rasanya larut dalam suasana haru saat menyaksikan video klip yang ditayangkan. Bahkan, Andrea Lee terlihat menitihkan air mata.

Kejujuran dalam proses penciptaan akhirnya dapat menciptakan sebuah karya yang punya sensasi berbeda bagi musisi maupun pendengarnya. Lagu Cinta sudah dapat dinikmati di berbagai platform streaming digital.

(kpl/apt/gen)


↑