Lagu-Lagu V1MAST Jadi Kurikulum di Benua Australia, Viza Mahesa: Bangga dan Senang

Dhimas Nugraha | Senin, 25 November 2019 20:34 WIB
Lagu-Lagu V1MAST Jadi Kurikulum di Benua Australia, Viza Mahesa: Bangga dan Senang

Kapanlagi.com - Empat tahun berkiprah melalui proyek solonya, V1MAST, Viza K. Mahasa (vokal, gitar, gamelan, sape, tifa, dll) berkarya dalam genre World Music yang dipilihnya. Viza memulai solo karirnya di tahun 2015 dengan menggandeng beberapa additional player dalam performance set-nya.

Sebagai V1MAST, Viza mempunyai tujuan luar biasa. Karya dan performance set-nya selalu bertujuan sama, membuat masyarakat familiar dengan perpaduan musik modern dan etnik.

Tak ayal, penghargaan internasional pun berhasil ia raih lewat penampilannya di beberapa negara, seperti di Bosnia & Herzegovina, Spanyol, dan penghargaan lainnya.

Pada Agustus-Oktober 2019 ini, merayakan 74 tahun Indonesia merdeka, dan 70 tahun persahabatan Indonesia-Australia, BBIP (Balai Bahasa Indonesia Perth), WILTA (Westralian Indonesian Language Teachers Association), bekerja sama dengan KJRI Perth mengundang V1MAST untuk mengadakan konser serta menggelar workshop ke lebih dari 15 sekolah di Perth, Australia.

Karya dan performance set-nya selalu bertujuan sama membuat masyarakat familiar dengan perpaduan musik modern dan etnik.

1 dari 4 halaman

1. Lagu V1MAST Jadi Bahan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Australia

Lagu V1MAST Jadi Bahan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Australia V1MAST ©instagram.com/v1mast
Alasan Australia sangat tertarik dengan V1MAST bisa dikatakan cukup menarik. Pasalnya, beberapa karyanya sepertinya, Kurikulum Hatimu dan Jogja Love Story menjadi bahan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk para siswa di Australia.

Mendengar hal tersebut, Viza mengaku kaget sekaligus senang karyanya bisa sangat bermanfaat.

“Wah, ini sih amazing sekali, musisi kan tahunya bermusik saja, mana tahu kalau impact-nya bisa sebesar ini. Di dalam negeri, ok mungkin kita masih di under estimate, tapi watch out guys, lagu-lagu V1MAST alhamdulillah bisa jadi bahan persatuan dan persahabatan antar negara,” tuturnya. 

2 dari 4 halaman

2. Sambutan Luar Biasa Para Pelajar Australia

Sambutan Luar Biasa Para Pelajar Australia V1MAST ©instagram.com/v1mast
Tur yang berlangsung dari Agustus-September tersebut dinamakan #V1MASTOZTOUR201. Bersisi workshop, kelas musik bersama V1MAST untuk mengenal budaya dan Bahasa Indonesia. 

V1MAST begitu disambut baik oleh para pelajar Australia. Puncaknya, saat konser berlangsung. Semua bisa menyanyikan lagu-lagu V1MAST, ya walaupun mereka adalah warga Australia, tapi dengan fasih bisa menyanyikan lagu V1MAST, puncaknya adalah saat V1MAST menyanyikan lagu Jogja Love Story.

3 dari 4 halaman

3. Tur di Lain Benua

Tur di Lain Benua V1MAST ©instagram.com/v1mast
Di tengah tur Australia, V1MAST terbang ke Wina, Austria untuk tampil di acara diplomatik di KBRI Indonesia di Austria. Ia kemudian kembali ke Australia untuk menyelesaikan tur di bulan September 2019, kemudian melanjutkan turnya di Indonesia.

Oktober 2019 ia kembali bertolak ke Australia atas undangan dari KJRI Perth. Sejumlah konser dan workshop dilakukan V1MAST kembali, dan menuai reaksi yang sangat baik.

4 dari 4 halaman

(kpl/dim)


Editor:  

Dhimas Nugraha

↑