Menarik Hati Penggemar Lewat Karya Menggelegar

Wuri Anggarini | 21 September 2022, 00:01 WIB
Menarik Hati Penggemar Lewat Karya Menggelegar

Kapanlagi.com - Kreativitas adalah modal paling besar yang dibutuhkan seorang musisi buat bisa menciptakan karyanya. Makanya setiap musisi yang dianggap sebagai legenda pasti pernah membuat karya yang terdepan pada masanya yang secara kreatif cukup unik, baik ketika diterjemahkan ke dalam melodi tiap lagu, isi lirik, atau bahkan konsep albumnya secara keseluruhan. Tapi, kreativitas bukan satu-satunya hal yang diperlukan seorang musisi, lho.

Di samping punya skill bermusik dan ide kreatif tingkat tinggi, musisi juga perlu tahu tentang cara biar karyanya bisa diterima oleh calon pendengar. Nggak sedikit musisi dengan diskografi luar biasa di luar sana yang musiknya belum didengar oleh banyak orang. Sayang banget, kan?  Sebagai musisi pasti pernah ngerasain gimana challenging-nya bikin sesuatu yang tetap punya kualitas, musik yang kamu banget, tapi di saat yang bersamaan bisa diterima orang lain. Kalau masih berkutat dengan hal itu, cobain nih beberapa cara di bawah biar karya makin menggelegar di luar sana!

Nggak Berhenti Di Musik

Ketika mencari bentuk hiburan, sekarang orang-orang nggak lagi terpaku di satu format aja. Teknologi yang canggih bikin makin mudah buat para seniman bereksperimen dengan karya mereka. Makanya hiburan, dalam hal ini musik, bisa diturunin menjadi bentuk-bentuk lainnya seperti klip video, animasi, atau bahkan sesederhana zine. Dengan format karyamu yang banyak, kemungkinan buat bisa sampai ke lebih banyak orang juga jadi makin besar.

Tapi perlu memastikan juga turunan dari karya musik kamu harus menarik dan sesuai dengan karya utamanya. Bikin setiap turunannya buat bisa balik lagi ke lagu atau album kamu karena ide besarnya ada di situ. Mainin sisi kreatif dengan maksimalin cerita dari musikmu!

Kasih Akses Lewat Showcase

Menikmati musik nggak melulu didengerin lewat rilisan fisik maupun digital. Pendengar juga butuh melihat penampilan langsung di atas panggung. Makanya banyak musisi yang sering bikin showcase ketika merilis sebuah album. Sebagai sebuah event, biasanya dalam acara showcase seniman mencoba untuk menerjemahkan apapun yang ada dalam musik mereka menjadi sebuah pengalaman yang bisa dirasakan secara fisik. Dari sini kamu bisa berekesperimen dan bikin orang-orang penasaran sama pengalaman tersebut dan makin tertarik buat lebih dengerin lagi karya musikmu. Ekspresiin ide secara maksimal karena showcase memang buat memamerkan karya sendiri.

Bercerita Lewat Playlist

Ide utama sebuah karya pasti datang dari inspirasi, baik dari pengalaman sendiri maupun dari karya lain yang sebelumnya udah ada. Nggak ada salahnya mencoba menceritakan inspirasi karya lewat hal yang dekat dengan musik juga yaitu playlist atau mixtape. Fungsi sebuah playlist kan bisa macam-macam, buat beraktivitas, buat menyampaikan pesan ke orang lain, bisa juga buat bercerita.

Nah, coba aja bikin sebuah playlist yang isinya adalah inspirasi musik dan lirikmu, tapi jangan lupa masukin juga karya sendiri. Ini salah satu cara mudah buat bisa reach orang, apalagi dengan internet yang lalu lintas informasinya makin mudah diakses. Dengan usaha yang seadanya, bisa bikin orang dengerin musik kamu dan makin tahu cerita dibaliknya.

Kolaborasi Dengan Seniman Lain

Sebagai seorang musisi pastinya udah nggak asing dong dengan kolaborasi? Tapi jangan selalu batasin pilihan kolaborasi dengan sesama musisi aja. Tetap selalu terbuka buat kerja sama dan bertukar ide dengan seniman lain kayak visual artist, filmmaker, atau bahkan sampai fashion designer misalnya.

Salah satu bagian dari karya musik yang bisa kamu karyakan lewat kolaborasi adalah cover album. Kamu bisa ajak teman seniman lain yang fokus dalam membuat seni visual dan menggabungkan gaya dia dengan cerita musikmu. Begitu juga dengan klip video dan materi promo lainnya. Cari seniman yang cocok dan sejalan, pasti akan mempermudah proses kreatif dan akan nambah nilai positif ke hasilnya nanti. Kenapa kolaborasi ini penting? Biar orang yang kenal seniman lain ini, bisa jadi kenal kamu dan menikmati karya collab kalian juga. Jadi nge-reach orang baru, kan?

Gimana? Sekarang jadi punya banyak pilihan buat bikin gaung karya makin terdengar di luar sana. Tinggal jalanin aja mana yang sesuai dan paling menarik buat kamu. Jangan ragu buat bikin karya makin ditunggu!

(kpl/wri)

Editor:   Wuri Anggarini