Noah Nama Nabi, Siapa Saja Bisa Pakai

Darmadi Sasongko  | 12 Oktober 2012, 09:51 WIB
Noah Nama Nabi, Siapa Saja Bisa Pakai
Kapanlagi.com - Band Noah dianggap menjiplak sebuah nama band yang ada di Kalimantan dengan nama yang sama. Namun, selama nama tersebut tidak pernah didaftarkan, Ariel cs tetap bisa menggunakan nama itu.

"Gugatan apa? Kalau nama nggak bisa dipatenkan, karena itu hanya untuk teknologi. Tapi kalau dia mau menggunakan merk dan sudah mendaftarkan ya bisa, tapi kalau belum didaftarkan mana bisa,” ujar Ketua Indonesian Intellectual Property Academy (IIPA), Prof. Agus Sardjono kepada Kapanlagi.com, Kamis (11/10).

Agus sendiri memang sempat hadir dalam acara seminar mengenai seluk beluk perlindungan hak cipta beberapa waktu yang lalu. Profesor juga mengatakan jika nama Noah memang diambil dari nama nabi. Oleh karena itu tidak sepantasnya jika nama tersebut diperebutkan karena masyarakat bisa dengan bebas menggunakan merk nama tersebut untuk sebuah band.

"Noah (Nuh) itu kan nama nabi, silakan saja pakai. Pendaftaran tidak otomatis melahirkan hak cipta. Hak cipta itu lahir setelah itu dibuat seperti lagu," katanya.

"Masalah pendaftaran itu hanya alat bukti saja, jadi membantu si pendaftar memiliki hak bukti. Hanya itu saja," pungkasnya. (kpl/adt/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko

TOPIK TERKAIT
 
 
Join Kapanlagi.com
↑