Olahraga Lari, Cara Jaga Stamina Ala Fajar Drummer Alexa

Girindra Permana Cahya | 10 November 2015, 16:22 WIB
Olahraga Lari, Cara Jaga Stamina Ala Fajar Drummer Alexa

Kapanlagi.com - Bagi musisi professional stamina merupakan salah satu elemen yang mendukung penampilan mereka di atas panggung. Hal tersebut sendiri diakui oleh Fajar Arifan, drummer dari band Alexa. Untuk menjaga staminanya, Fajar memilih untuk menjalani olahraga lari.

Ternyata lari yang merupakan hobi yang telah digemarinya sejak 4 tahun lalu. "Aku sudah suka lari dari 2011, dulu awalnya ikut lomba di yang adain di Ancol," ucapnya dalam acara Men's Health Urbanathlon, FX Mal, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (9/11).

Olahraga ini dilakukannya cukup rutin. Dalam seminggu sekali Fajar bisa 3 sampai 5 kali berlari. Jika ada suatu kompetisi yang akan ia ikuti porsi latihannya dapat melebihi itu. Cukup banyak olahraga ini membantunya dalam kehidupan sehari-hari, seperti melatih kesabaran, daya tahan tubuh dan menjaga stabilitas gebukan drumnya saat perform. "Aku seneng kardio kalau jarak panjang, melatih kesabaran, kalu secara teori diajari mengenal diri kita, itu yang aku seneng, imbasnya ke daya tahan tubuh lebih baik, main drum stabil."

"Membantu banget di atas panggung. Banyak banget, terutama kalau lagi tur. Nilai plus yang aku rasain memang pikiran jadi lebih positif," tambahnya.

Fajar Alexa mengaku banyak hal positif yang didapatnya lewat olahraga lari © KapanLagi.com®/Budy SantosoFajar Alexa mengaku banyak hal positif yang didapatnya lewat olahraga lari © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Jarak yang ditempuh Fajar dalam sekali lari bisa di atas 15 kilometer. Namun semuanya tergantung kebutuhan dan kondisi fisiknya. Biasanya ia menempuh jarak kurang lebih 10 kilometer.

Ketertarikannya pada olahraga lari ini karena merasa bisa dan ingin menurunkan badan. Semakin asyik, Fajar lalu mencari tahu bagaimana cara lari yang benar di internet.

"Gak terlalu fenomenal, dicemplungin, ngerasa bisa, lanjut. Dulu lagi pengen nurunin berat badan, browsing cara lari yang bener. Inspirasi dari luar juga browsing, Red Hot Chilli Pepper ternyata juga lari, itu udah lifestyle utama. Itu bikin aku konsisten ngelakuin itu," kata Fajar.

Lifestyle hidup sehat yang dimulai dari lari mulai merambah pada asupan nutrisi Fajar. Ia sekarang lebih concern pada makanan yang ia konsumsi.

"Sekarang udah ada pengetahuan pemanasan, gimana lari. Makanan yang dijaga. Aku juga gak makan bersih juga, tapi makan yang lebih berkualitas. Akhirnya berpengaruh ke semuanya, lebih nyaman aja," pungkasnya.

(kpl/aal/otx)

Reporter:   Sahal Fadhli

Topik Terkait