'Out Of The Blue', Sajian Chill Music Dari Dalam Kamar Eki Darmawan

Natanael Sepaya | Kamis, 09 Agustus 2018 16:50 WIB
'Out Of The Blue', Sajian Chill Music Dari Dalam Kamar Eki Darmawan

Kapanlagi.com - Eki Darmawan adalah seorang penggiat skena musik underground lokal di kota Malang yang sebelumnya menukangi Shewn (melodic-hardcore) dan Whitenoir (alt-rock). Namun kali ini Eki Darmawan justru menawarkan sesuatu yang jauh dari alunan musik bernuansa keras.

Yap, Out Of The Blue merupakan single baru dari solo project yang dikerjakan Eki Darmawan bersama Oxy Arya Wijaya yang kerap menjadi additional player musisi Tanah Air seperti Maudy Ayunda, Vidi Aldiano dan Adhitia Sofyan. Menariknya, project ini dimulai Eki dari dalam kamarnya sendiri.

© Good Vibes Tracks© Good Vibes Tracks

Mengambil referensi musik soul dan jazz seperti Robert Glasper, Cory Henry, hingga Kiefer, Eki lalu mencoba menerjemahkan alunan sendu di kepalanya menjadi sesuatu yang lebih positif dengan menambahkan tempo upbeat. Hanya saja tatanan musik yang dirasa masih sangat kasar membuat Eki akhirnya mengajak Oxy Arya Wijaya untuk bekerjasama dan mengisi part lead-synth serta piano.

1 dari 3 halaman

1. Ajakan Untuk Keluar Dari Kesedihan

Ajakan Untuk Keluar Dari Kesedihan Oxy Arya Wijaya © Good Vibes Tracks
Seperti dimuat dalam press release yang kami terima dari Good Vibes Tracks, Out Of The Blue sendiri bisa diartikan secara harafiah sebagai ajakan untuk keluar dari kesedihan. Tentunya Eki sendiri berharap melalui Out Of The Blue, ia mampu mengajak para pendengarnya agar tak hanyut dalam suasana sendu dan mendayu-dayu.

Saat ini single Out Of The Blue sudah dirilis oleh Spires Records secara digital dan bisa didengarkan via platform streaming seperti Spotify. Sementara itu Eki Darmawan sendiri masih melakukan berbagai remix dari musisi-musisi lain yang juga mengusung soul dan jazz sembari menggodok materi musiknya sendiri.

Tentunya menarik untuk menantikan single berikutnya, mengingat Eki menyajikan musik yang asyik ini langsung dari dalam kamarnya sendiri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Eki Darmawan dan musiknya, kalian bisa mengunjungi halaman berikut ini.

2 dari 3 halaman

2. Penampilan Perdana Whitenoir di 'RSD 2017'

Penampilan Perdana Whitenoir di 'RSD 2017' © Good Vibes Tracks
Tak hanya sekedar menjadi ajang hunting rilisan fisik, Record Store Day pun merupakan panggung untuk para band baru dan fresh menyajikan musiknya. Inilah yang terjadi pada gelaran Record Store Day 2017 (RSD 2017) Chapter Malang, akhir pekan kemarin.

Setelah dinanti-nanti, akhirnya secara perdana Whitenoir pun tampil live di gelaran RSD 2017. Dalam setlist malam itu, unit grungy-emo tersebut membawakan 6 track segar, dengan 2 di antaranya adalah lagu cover. Menarik, karena setlist ini juga memuat 4 track yang ada di extended plays (EP) debut Whitenoir, FEED ME.

Agresif dengan sedikit napas emo, penampilan Whitenoir secara live nyatanya lebih menyenangkan, ketimbang sekedar mendengarkan lagu atau melihat music video Sub-District. Momen penampilan perdana Whitenoir ini pun kemudian didokumentasikan dalam format yang klasik.

3 dari 3 halaman

3. Diabadikan Dengan Format Super8 Cam

Diabadikan Dengan Format Super8 Cam © Good Vibes Tracks
Dengan mengusung format super8 cam, Aldian Ibanez lantas merekam penampilan Whitenoir di gelaran RSD 2017 dan menyajikannya dengan vibes yang sedikit berbeda. Walau begitu, nuansa agresif di atas panggung sendiri tetap terjaga.

Selain bisa melihat penampilan Whitenoir di halaman ini, unit grunge tersebut juga menjadikan RSD 2017 sebagai titik awal untuk merilis EP perdana mereka, FEED ME. Selain itu, band yang ditukangi 4 orang ini juga tengah mempersiapkan diri untuk merilis album penuh di penghujung tahun ini.

Sembari menantikan album penuh mereka, kalian juga bisa melihat music video Whitenoir yang berjudul Sub-District yang sudah dirilis di kanal YouTube. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi halaman Instagram mereka.

(kpl/ntn)


Editor:  

Natanael Sepaya

↑