Pemerintah Perbolehkan Lagi Gelar Konser di Indonesia, Ini Perasaan Rian D'Masiv

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 14 Oktober 2021 13:24 WIB
Pemerintah Perbolehkan Lagi Gelar Konser di Indonesia, Ini Perasaan Rian D'Masiv
Rian D'Masiv (Credit: KapanLagi.com/Daniel Kampua)

Kapanlagi.com - Selama masa pandemi, sejak awal tahun 2020 lalu segala kegiatan yang menghadirkan banyak orang ditiadakan. Termasuk kegiatan konser dan pertunjukkan sejenisnya. Bukan tanpa alasan, kegiatan ini dianggap beresiko dalam penyebaran dan penularan virus Covid-19. Hal tersebut menjadi solusi sekaligus penantian panjang bagi musisi tanah air. Pertengahan tahun 2021, pemerintah memberikan kabar baik bagi mereka.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Kemenkominfo secara resmi telah memperbolehkan beberapa acara di gelar di masa pandemi Covid-19, salah satunya konser musik dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipatuhi penyelenggara. Sebagai seorang musisi yang selama pandemi tak pernah lagi melakukan pertunjukan konser, Rian D'Masiv sangat menyambut baik kabar tersebut.

"Karena memang ini kan yang kita harapkan, maksudnya industri musik yang cukup terdampak, apalagi event," ucapnya saat dihubungi wartawan lewat sambungan telepon, Selasa (28/9). Pemilik nama lengkap Rian Ekky Pradipta mengakui sudah hampir 2 tahun ini tak pernah lagi tampil di atas panggung. Namun dia pun sebelumnya yakin kalau Covid-19 bisa segera diatasi dengan dilakukannya vaksin massal untuk mencegah penularannya. 

1. Tak Permasalahkan Syarat Konser

"Apalagi kita juga tahu kayak sepakbola di Eropa sudah mulai ada penonton, Rolling Stones juga sudah mulai konser dan penuh. Sebenarnya sudah di belahan dunia yg lain sudah mulai konser lagi, walaupun dengan persyaratan misalnya yang aku tahu di Eropa katanya harus ada vaksin dua kali," katanya. Lelaki berusia 34 tahun itu juga tak mempermasalahkan syarat yang sudah ditetapkan pemerintah untuk menggelar konser. Hal tersebut pastinya untuk pencegahan virus Covid-19.

"Mungkin ada persyaratan yang harus dilakukan menurut aku enggak masalah yang penting ini bisa jalan walaupun dengan prokes yang ketat. Ini enggak masalah banget, karena kita tahu sebenarnya di luar sana sudah mulai semua," pungkasnya. Seperti yang telah diketahui terdapat 6 faktor yang harus dihindari selama akan mengadakan kegiatan seperti konser.

Keenam faktor yang perlu dihindari tersebut antara lain, kondisi kasus Covid-19 di tempat yang akan diadakan konser, potensi penularan dan jarak antara partisipan dan sirkulasi udara yang buruk, durasi kegiatan yang lama, tata kelola kegiatan dalam ruangan dengan sirkulasi yang buruk, jumlah partisipan yang terlalu banyak, serta partisipan yang belum vaksin penuh dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

 

Reporter:   Sahal Fadhli