Penasaran Siapa di Balik Syahdunya Musik Latar Dalam Film? Berikut Sederet Komposer FIlm Yang Buat Kamu Terngiang-Ngiang!

Editor KapanLagi.com   | Senin, 20 September 2021 16:26 WIB
Penasaran Siapa di Balik Syahdunya Musik Latar Dalam Film? Berikut Sederet Komposer FIlm Yang Buat Kamu Terngiang-Ngiang!
John WIlliams (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Saat menonton film pastinya kamu tidak asing dengan musik latar yang dimainkan. Atau kalian pernah terbawa suasana saat lantunan musiknya pas dengan adegan yang sedang dipertontonkan? Mungkin juga ada yang jantungnya hampir copot karena lantunan musik yang volumenya tiba-tiba naik untuk mengindikasikan semakin tegangnya atmosfer film? Nah, hal tersebut merupakan pekerjaan dari komposer film.

Di masa di mana segala sesuatu mengalami perubahan pesat, komposisi musik dalam film mungkin merupakan satu dari sekian aspek dalam film yang tidak mengalami banyak perombakan. Deretan film terbaik di setiap tahunnya tidak akan meninggalkan kesan mendalam bagi penontonnya tanpa musik. Musik film sudah ada bahkan sebelum kehadiran sebuah dialog dalam film. Awalnya, dibuat untuk menemani gambar visual saat film ditayangkan dengan penampilan langsung dari para instrumentalis di dalam teater. 

Musik latar (Film Score) biasanya ditulis oleh satu komposer atau lebih. Komposer ini tentunya juga bekerja di bawah petunjuk dari sutradara atau produser film yang biasanya ditampilkan oleh sekelompok musisi. Musik latar menggaet berbagai ragam jenis musik tergantung cerita atau tema yang diangkat dalam film. Biasanya yang paling umum adalah musik orkestra dengan musik klasik barat sebagai pondasinya. Namun, banyak juga yang dipengaruhi oleh jazz, rock, pop, dan lainnya. Seiring dengan seberapa krusialnya elemen musik dalam film, ada juga loh penghargaan tersendiri untuk Film Score. Sebut saja Academy Award yang membuat penghargaan khusus untuk musik latar, Best Original Score untuk mengapresiasi para komposer film dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Lantas siapa saja kah komposer-komposer film yang memiliki talenta luar biasa ini? Simak ulasannya berikut!

 

1. Hans Zimmer

Penggemar karya Christopher Nolan pasti sudah tidak asing dengan musik latar dalam filmnya. Musik latarnya yang biasanya memang sedikit mencekam menjadi ciri khasnya. Hans Zimmer, komposer musik latar berkebangsaan Jerman ini tampaknya sudah menjadi langganan untuk didapuk menjadi penanggung jawab bidang musik dalam film Nolan. Signature works-nya memang dikenal dengan mengkombinasikan musik elektronik dengan aransemen ala orkestra.

Zimmer setidaknya sudah mengkomposeri lebih dari 150 film. Sebut saja mega project milik Nolan, INCEPTION dan DUNKIRK dan film terkenal lainnya seperti GLADIATOR, LION KING, dan THE PIRATES OF THE CARIBBEAN. Ia kemudian dijuluki sebagai Top 100 orang jenius karena karyanya yang sukses mengiringi film-film. Zimmer juga banyak menyabet penghargaan bergengsi seperti Lifetime Achievement Award dalam film COMPOSITION FOR THE NATIONAL BOOK OF REVIEW, juga the Frederick Loewe Award pada 2003. Kecerdasannya dalam memimpin musik latar dalam film LION KING juga berhasil membawanya memenangkan penghargaan Best Instrumental Arrangement With Accompanying Vocals. Bahkan Zimmer juga mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame.

2. John Williams

John merupakan seorang komposer, konduktor, pianis juga trombonis. Penikmat setia film-film terbaik sudah familiar dengan lantunan musik latar yang dikomposerinya. William telah mengkomposeri setiap film dalam series STAR WARS sejak pertama bekerja sama dengan mereka pada tahun 1977. Ia mengkomposeri lebih dari 20 jam musik dan bekerja dengan lima sutradara berbeda. STAR WARS sendiri memang sudah diakui sebagai orkestra paling disegani di seluruh dunia.

Meskipun karyanya berhak menerima banyak pujian, William jarang menerima klaim atas kehebatan dirinya. Ia tak pernah puas dan selalu berusaha menjadi lebih baik. Di bawah naungannya, William juga berhasil mengantongi penghargaan yang terbilang bukan ecek-ecek. Ia sukses membawa pulang setidaknya 25 penghargaan Grammy, tujuh penghargaan British Academy Film Awards dan empat Golden Globe Awards. Bahkan komposisi musiknya digadang-gadang menjadi ‘textbook' musik latar atau Film Score.

 

3. Alan Silvestri

Nih penggemar Marvel Cinematic Universe, telinga kalian pasti sudah akrab dengan musik latar Alan, bukan? Meskipun kiprahnya masih belum terlalu lama dibandingkan WIlliams dan Zimmer, Alan juga patut diperhitungkan sebagai salah satu komposer jenius di dunia perfilman. Alan memulai karirnya sebagai komposer film pada tahun 1972 pada umur 21 tahun. Ia pertama kali berkecimpung dengan dunianya dengan menggarap film budget kecil, THE DOBERMAN GANG. 

Silvestri telah menerima banyak penghargaan. Tak tanggung-tanggung, Ia menyabet Best Original Score untuk film yang dibintangi Tom Hanks, FORREST GUMP. Ia juga menerima nominasi  Golden Globe. Ia juga mengantongi sembilan nominasi Grammy Award. Hebat juga ya Alan Silvestri ini.

Menonton film memang belum afdol kalo belum kecantol sama musik latarnya. Para komposer kelas dunia ini memang sudah tidak diragukan lagi keterampilannya. Belum lagi musik mereka sukses mendefinisikan atmosfer dalam film secara eksplisit. Jadi, jangan lupakan jasa mereka ya dalam membangun suasana film melalui musik. 

Ditulis oleh Adelia Dewi Masita 

Editor:   Editor KapanLagi.com

Topik Terkait