Peter F Gontha Terima Penghargaan Kemenparekraf

Adi Abbas Nugroho | 18 Mei 2013, 15:51 WIB
Peter F Gontha Terima Penghargaan Kemenparekraf

Kapanlagi.com - Produser sekaligus pencetus festival musik jazz bertaraf internasional Java Jazz Festival, Peter F Gontha, kaget mendapatkan penghargaan Karya Bhakti Musik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pasalnya apa yang dilakukan Peter berawal dari hobi.

"Perasaannya kaget dapet penghargaan ini. Karena kami laksanakan Java Jazz ini pada tahun 2005 untuk promosikan Indonesia ke luar saat negara kita dicap tidak aman dan tsunami. Dari hobi akhirnya berguna bagi industri kreatif dan negara," ungkap Peter saat ditemui di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (17/5) malam.

Penghargaan Karya Bhakti Musik adalah apresiasi pemerintah khususnya Kemenparekraf terhadap insan kreatif di industri. Setelah pemerintah menetapkan Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret, direncanakan setiap tahun pemerintah akan memberikan penghargaan serupa.

Peter F Gontha bangga dengan pialanya ©KapanLagi.com/Muhammad RasyadPeter F Gontha bangga dengan pialanya ©KapanLagi.com/Muhammad Rasyad

Tidak hanya Peter F Gontha, penghargaan yang langsung diberikan oleh Mari Elka Pangestu tersebut juga diberikan kepada empat tokoh musik nasional.

Mereka adalah Slamet Abdul Syukur (tokoh musik kontemporer), Heins Enteng Tanamal (produser dan pejuang hak kekayaan intelektual bidang musik), Waldjinah (penyanyi keroncong legendaris yang memiliki gaya khas dalam perkembangan musik keroncong Indonesia), serta Virgiawan Listianto atau yang lebih dikenal dengan Iwan Fals (pengarang lagu dan penyanyi bergaya balada). (kpl/pur/abs/boo)

Reporter:   Mathias Purwanto.