PRSSNI Umumkan Pemenang Lomba Cipta Lagu Radio 2019

Ayu Srikhandi   | Sabtu, 21 Desember 2019 21:35 WIB
PRSSNI Umumkan Pemenang Lomba Cipta Lagu Radio 2019

Kapanlagi.com - Dalam rangka memperingati ulang tahun ke 45 yang jatuh pada tanggal 17 Desember, Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) mengadakan Lomba Cipta Lagu Radio.

Lewat acara ini, PRSSNI ingin mewadahi sejumlah penulis lagu yang ingin karyanya dikenal orang. Lomba Cipta Lagu Radio hanya melombakan dua kategori genre yaitu pop dan dangdut.

"Jadi, memang sudah lama banget kita tidak buat acara seperti ini. Selama ini acara-acara hanya menonjolkan artis atau penyanyinya saja. Tapi di sini kami ingin menonjolkan pencipta lagunya juga," kata Sekretaris Umum PRSSNI, M Rafiq di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan, Jumat (20/12/2019).

1 dari 2 halaman

1. Daftar Pemenang

Pada malam puncak ajang Lomba Cipta Lagu Radio 2019, PRSSNI memilih beberapa pemenang Lomba Cipta Lagu Radio genre yaitu pop dan dangdut. Di Kategori pop, lagu berjudul R.A.-Dio karya Nata Ryan (Depok) berhasil sebagai pemenang pertama.

Lagu Mari Berdansa karya Rully Indra Taruna (Bekasi) dan lagu Usai Denganmu karya The Midnight Grid (Bandung) di tempat kedua dan ketiga. Lagu Mari Berdansa karya Rully Indra Taruna juga memenangkan kategori terfavorit.

Sementara di kategori dangdut, juara pertama diperoleh oleh lagu Derita Cinta karya Sunaryo (Gresik) yang menang kategori lagu terfavorit. Di posisi kedua ditempati lagu Terkubur Dalam Hati karya Sualuddin (Lombok), sedangkan posisi ketiga lagu Arti Cinta Sejati karya Silvy Nurmayasari (Kediri).

2 dari 2 halaman

2. Dinilai Ketat Oleh Juri

Para pemenang ini merupakan hasil seleksi para juri yang terdiri dari penyanyi Nina Tamam, Adib Hidayat, dan Temmy dari Motion Radio untuk kategori pop. Sedangkan juri di kategori dangdut terdiri dari Ikke Nurjanah, Hendro Saky dan Irwan Johns.

"Mengadaptasi tentang trend musik sekarang. Saya fokus pada lirik, jadi bukan cuma (lirik) i love you saja. Jadi, liriknya seperti apa, dan apakah sesuai tema atau tidak. Kalau lagu liriknya bagus berarti literasi penulisnya bagus. Kalau untuk urusan musik bisa dibilang sudah aman," kata Adib Hidayat.

"Ya, kalau saya di dangdut, penilaian juga dari lirik dan harmonisasi. Jadi yang utama suatu lagu itu kan harus berkualitas, kalau lagu bagus itu ujung-ujungnya jadi komersil menurut aku," kata Ikke Nurjanah.

Setelah mendapatkan pemenang, tugas berat tetap menanti PRSSNI karena lagu-lagu yang dihasilkan oleh ajang ini akan tergabung pada album kompilasi.

"Kami harus cari sembilan penyanyi dan arranger kemudian mastering. Berharap ada CD fisik dan bentuk digital dan kita putarkan di radio," tutup Rafiq.

Penghargaan untuk kategori pemenang diberikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang juga Ketua PRSSNI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama juga tampak hadir memberikan sambutan dan penghargaan kepada pemenang.

(kpl/far/jje)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑