Punya Harmonisasi, Tikus Bisa Bernyanyi

Renata Angelica  | 12 Oktober 2012, 14:51 WIB
Punya Harmonisasi, Tikus Bisa Bernyanyi
Kapanlagi.com - Yang dimaksud dengan tikus di sini bukanlah tikus dengan kata bahasa Inggris 'rat', namun 'mice'. Biasanya, tikus jenis ini digunakan untuk penelitian ilmiah karena ukurannya yang kecil.

Baru-baru ini sebuah penelitian di Universitas Tulane, New Orleans, menemukan bahwa tikus bisa belajar bernyanyi dan berharmonisasi. Mereka menggunakannya untuk mempesona tikus betina.

Riset menjelaskan, mereka meletakkan dua ekor tikus jantan dan seekor betina di dalam sebuah kandang. Kemudian kedua pejantan secara bertahap mulai menyamakan nada jadi satu harmonisasi ketika mencicit.

Penelitian ini berlawanan dengan penelitian sebelumnya yang mengatakan tikus tidak dapat berharmonisasi seperti halnya manusia, burung dan kelelawar. Disebutkan, harmonisasi semacam ini dapat mengecilkan resiko autisme dan gangguan kecemasan.

"Kami melihat bahwa tikus mempunyai kemampuan sama seperti manusia belajar bicara dan burung belajar bernyanyi. Hanya saja, kemampuan tikus ini terbatas," ujar Dr Erich Jarvis dari Universitas Tulane.

Hm, siapa tahu cerita RATATOUILLE bisa benar-benar terwujud ya? :) (nme/rea)

Editor:  

Renata Angelica

 
Join Kapanlagi.com
↑