Pusat Kebudayaan Perancis Persembahkan Konser Yann Tiersen

Anton | 30 November 2006, 06:26 WIB
Pusat Kebudayaan Perancis Persembahkan Konser Yann Tiersen

Kapanlagi.com - Dalam rangkaian tur dunia-nya, On Tour, Yann Tiersen akan datang ke Jakarta untuk mempersembahkan sebuah konser, pada hari Kamis (30/11), di Gedung PPHUI, Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kedatangan Yann di Indonesia ini dalam rangkaian tur dunia-nya, yakni: Sydney (23/11) - Melbourne (24/11) - Adelaide (26/11) - Melbourne (27/11) - Jakarta (30/11) - Beijing (2-3/12) - Paris Le Bataclan (11/12).

Konser ini bertajuk sama dengan album live-nya On Tour, yang pada tanggal 13 November 2006 lalu secara serentak dirilis di seluruh dunia, album live pertamanya ini merekam momen-momen penting dalam rangkaian konser-konsernya yang terdahulu.

Bersamaan dengan konser Yann di Jakarta, EMI Indonesia merilis On Tour album live dan album Les Retrouvailles. Dalam album Les Retrouvailles, Yann mengundang beberapa penyanyi untuk berkolaborasi dengannya, seperti Jane Birkin, Liz Fraser (Cocteau Twins) dan Stuart Staples (Tindersticks) dan juga penyanyi Perancis, Christophe Miossec.

Yann, musisi multi talenta berlatar belakang pendidikan musik klasik, namanya melejit setelah mengerjakan soundtrack film Amélie di tahun 2001 yang sangat sukses di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Ia juga yang menggarap soundtrack film GOOD BYE LENIN! karya sutradara Jerman, Wolfgang Becker pada tahun 2003, yang sukses di pasaran Eropa dan dunia.

Sebagian besar karyanya mengandalkan kekuatan permainan instrumental (akordeon, biola, piano, keyboard, mandolin, bass, gitar, dll). Yann juga banyak bereksperimen dengan benda-benda lain untuk menghasilkan bunyi-bunyian mewarnai musiknya, seperti mesin ketik, lempengan seng, dll.

Sejak tahun 1995 Yann sudah menghasilkan 11 album, hingga album terakhirnya Les Retrouvailles pada tahun 2005. (emi/bun)

Editor:   Anton