'PUTRA NUSANTARA', Album Baru Shaggydog Rilis di Hari Kemerdekaan

Girindra Permana Cahya | 13 Agustus 2016, 22:22 WIB
'PUTRA NUSANTARA', Album Baru Shaggydog Rilis di Hari Kemerdekaan

Kapanlagi.com - Tiga tahun lamanya Shaggydog berjibaku untuk menciptakan sebuah karya baru. Akhirnya mereka siap kembali dengan album teranyar yang bertajuk PUTRA NUSANTARA.

Akan ada 12 lagu yang dirilis format digital tepat pada 17 Agustus mendatang. Beberapa diantaranya mungkin terdengar tak asing karena sudah dirilis sebelumnya dalam beberapa single terpisah maupun kompilasi semisal Putra Nusantara, Bolamania atau Kamu Di Hatiku.

Secara keseluruhan materi tersebut direkam kembali di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja oleh sound engineer ternama Jogjakarta, Eko "Pak Ting" Supriyanto, serta dimastering di Abbey Road Studio, London, oleh Andy Walter. Album ini juga menegaskan lagi Shaggydog sebagai salah satu musisi mandiri karena mereka akan merilis sendiri album ini lewat label buatan mereka, DoggyHouse records.

Shaggydog menjanjikan perpaduan antara Ska dan Reggae yang lebih luas dalam album ini. Akan ada bumbu-bumbu menarik dari musik Rap, Jazz, Dub, Electric hingga Suluk (tembang berbahasa Jawa).

Cover art dari album baru Shaggydog, 'PUTRA NUSANTARA'Cover art dari album baru Shaggydog, 'PUTRA NUSANTARA'

Tak sendiri, band yang berasal dari daerah Sayidan tersebut mengajak musisi nasional seperti Iwa K dalam lagu Putra Nusantara serta Sujiwo Tejo yang mengisi part saksofon serta Suluk untuk lagu Pion. Riri Everyday, Danar Souljah, DJ Kateratchy dan musisi asal Jepang, Tony The Weed juga berkontribusi dalam album ini.

Tak hanya seniman musik, Shaggydog juga melibatkan seniman bidang lain untuk album ini. Agan Harahap yang selama ini dianggap sebagai maestro seni Photoshop di Indonesia ditunjuk sebagai artworker untuk cover depan album ini. Berbeda dengan keahlian yang selama ini membuatnya dikenal, Agan membuat sebuah pendekatan lain yaitu teknik arsir dan gradasi dalam mereka ulang arti kata Putra Nusantara.

Bersamaan dengan album ini, mereka juga akan meretas single utama dalam album ini yakni Putra Nusantara. Satu klip juga akan membingkai indah lagu ini. Bicara soal lirik, Shaggydog tentang mengkritisi laju pembangunan dan beberapa permasalahan-nya bagi generasi muda ini membalut koor murid SD di akhir lagu. 

Jelas buat kamu yang menunggu kapan Shaggydog akan mampir ke kota kalian, tenang saja. Akan ada tur untuk album PUTRA NUSANTARA setelah perilisannya. Bagi kamu yang suka njajan rock, PUTRA NUSANTARA juga akan dirilis dalam format CD dan piringan hitam yang pastinya layak untuk menjadi satu koleksimu.

(kpl/otx)

Editor:   Girindra Permana Cahya

Topik Terkait