Ramai di Youtube, Buktikan Lagu Anak Tidak Pernah Mati

Guntur Merdekawan | 22 Desember 2017, 11:22 WIB
Ramai di Youtube, Buktikan Lagu Anak Tidak Pernah Mati

Kapanlagi.com - Banyak yang menyebut bila industri musik anak di Indonesia berada dalam status mengkhawatirkan. Ketiadaan program televisi khusus yang men-support membuat penyanyi cilik serta lagu-lagunya kurang bisa muncul ke permukaan.

Namun hal tersebut tidak dijadikan alasan beberapa pihak untuk menyerah. Karena terbukti walau tak lagi menggunakan medium televisi, ada celah yang masih bisa digempur dan mendapat respon positif.

Djakawinata Susilo pemilik label Gema Nada Pertiwi dengan percaya diri merilis album Koleksi Abadi Lagu Taman Kanak-Kanak Vol 5 berisi lagu yang pernah populer di era 90-an. Bukan tanpa riset, diluncurkannya album seri ini lantaran respon luar biasa dari pengguna Youtube.

"Sejauh ini lagu anak-anak masih mendapat perhatian sangat baik. Lagu anak-anak baru sebenarnya banyak, tapi yang recycle lebih banyak. Bisa dilihat di Youtube viewers lagu kayak Abang Tukang Bakso lebih dari 116 juta. Makanya kami merilis album ini," kata Djakawinata dalam jumpa pers di Alam Sutera, Serpong.

Kak Nunuk dukung perilisan album anak / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaKak Nunuk dukung perilisan album anak / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Meski ditonton ratusan juta orang di Youtube, apa alasan Djakawinata tetap merilis dalam bentuk fisik? "Karena banyak orangtua yang tidak membiarkan anaknya menonton online. Jadi kami jual DVD-nya biar bisa ditonton kapan saja. Kalau Youtube kan butuh koneksi internet," paparnya.

Niat baik Djaka bersama labelnya didukung oleh pencipta lagu anak kenamaan yakni Kak Nunuk. "Musik anak masih ada walau nggak kelihatan dan saya bersyukur anak-anak sekarang masih bisa menikmatinya," pungkas pemilik nama asli Nugroho Setiadi tersebut.

(kpl/abs/gtr)

Reporter:  

Adi Abbas Nugroho