Rif Ingin Kembalikan Lirik Musik Yang Edukatif

Fajar Adhityo | 17 September 2010, 16:05 WIB
Rif Ingin Kembalikan Lirik Musik Yang Edukatif
Kapanlagi.com - Ketika ditemui di RCTI, Jumat (17/9) Rif mengungkapkan kesenangannya karena lagunya bisa membuat semangat seseorang. Andi Rif sering melihat komen di twitter bahwa orang-orang menjadi bersemangat ketika mendengarkan lagu Fight.

"Dengan lirik yang membuat semangat orang, kadang-kadang orang di twitter bilang dengerin Fight-nya Rif bikin semangat, rasanya semangat hidup saya kembali muncul nih, dan komen seperti itu banyak sekali," ujar Andi yang juga membuat lagu bertemakan cinta di album terbarunya.

"Ada tetapi soal cinta kepada sesama manusia, kepada umat manusia, bukan cinta kasih yg terhadap seorang pacar, tetapi cinta terhadap manusia aja. Udah terlalu banyak yang seperti itu (cinta-cintaan). Saya juga bukan orang yang romantis," paparnya.

Andi memaparkan dalam pembuatan lagu dia banyak terinspirasi oleh berbagai hal terlebih isu-isu sosial serta kondisi di Indonesia.

"Kita juga lihat kondisi sosial di Jakarta rusak banget, banjir dimana-mana, polusi, sampah dimana-mana, apalagi kita mulai berkeluarga dan punya anak, dan kita ingin anak kita hidup di udara yang indah dan udara yang bersih, bukan yang seperti sekarang ini. Lagu kita berisi atas kondisi yang sekarang ini yang semakin memburuk, dan itu keresahan kami juga," paparnya.

Artinya Rif juga peduli dengan lagu bertema sosial seperti Franky Sahilatua dan Iwan Fals? Ya kita melihat tulisan-tulisan mereka, yang memperhatikan keindahan-keindahan alam indonesia yang harus kita jaga," urainya.

Andi menilai karya penyanyi zaman dahulu seperti Ebiet G Ade, Iwan Fals dan seniman lama karyanya lebih berkualitas dibandingkan musisi saat ini. Andi dan Rif ingin mengembalikan arah musik seperti itu lagi dengan membuat lirik yang lebih edukatif.

"Seperti Ebiet G. Ade, lagu-lagu Iwan Fals jaman dulu, tulisan dan karya musisi dan seniman lama tuh liriknya kalo saya bilang lebih berkualitas daripada sekarang yang lagi rame, dan saya ingin membawa kembali ke arah situ lagi. Liriknya itu kalo bisa yang edukatif jangan selalu di buai dengan yang selalu cinta-cintaan, manja-manjaan, orang pacaran, orang selingkuh, kawin lari buat saya itu hanya hiburan saja yang langsung selesai dan tidak membawa dampak apa-apa," pungkasnya.   (kpl/dis/faj)

Editor:  

Fajar Adhityo