Ryan d Masiv Menekan Pembajakan Dengan 'Umpan'

Anton | 30 Januari 2010, 16:12 WIB
Ryan d Masiv Menekan Pembajakan Dengan 'Umpan'
Kapanlagi.com - Pembajakan yang telah membudaya, terutama pembajakan musik, di Indonesia, membuat Ryan d Masiv mengambil sisi positif dari hal tersebut. Namun, bukan berarti vokalis grup d Masiv itu mendukung pembajakan. Melainkan memberikan 'umpan' pada pecinta musik untuk mau membeli album yang asli.

Special for Telkomsel User
GRATIS NSP 'Rindu 1/2 Mati' dari d Masiv selama 7 hari

Kirim MASIV1 ke 1212

"Itu kayaknya udah jadi kebiasaan, tapi kita sih ambil sisi positifnya aja. Mungkin dengan download gratis 1 lagu, jadinya mereka bisa suka dan beli albumnya yang asli," kata Ryan ditemui saat launching album kedua d Masiv yang berjudul PERJALANAN, di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Pengen RBT d Masiv buat HPmu? Pilih di sini:

Walau mengaku bahwa hal itu termasuk 'menghalalkan' pembajakan, Ryan mengatakan bahwa hal itu bisa menjadi solusi untuk menekan tingginya angka pembajakan musik di tanah air.

"Iya tentu, sangat tidak menghargai seorang musisi seperti kami. Kan mereka gak beli. Tapi kalau ditanya soal solusinya gimana, kami gak tau. Udah susah," ucapnya sedikit pesimis.

Sementara, Ryan sendiri mengaku adalah pecinta CD original. Walau terkadang tak menutup pula kemungkinan bahwa dirinya bisa saja 'terpaksa' men-download lagu di internet.

"Kalau saya pribadi sih pecinta CD original. Kalaupun lagi susah beli yang bekas. Tapi kalau emang dicari gak ada, ya terpaksa download aja di internet. Tapi itu bukan karakter aku banget," tukasnya.       (kpl/ato/bun)

Editor:  

Anton