Serasa Kembali Ke Masa Lalu! 3 Lagu Cinta Lawas Ini Hadir Dengan Gaya Baru

Editor KapanLagi.com   | Senin, 13 September 2021 15:51 WIB
Serasa Kembali Ke Masa Lalu! 3 Lagu Cinta Lawas Ini Hadir Dengan Gaya Baru
Chrisye (Credit: kapanlagi.com)

Kapanlagi.com - Industri musik Indonesia memang penuh dengan warna. Banyak genre yang diusung oleh para musisi Indonesia. Mulai dari rock, RnB, blues, jazz sampai dangdut. Musik seperti sudah menyatu dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Tak pelak setiap lagu selalu memiliki arti tersendiri bagi siapapun yang mendengarnya.

Begitupun juga lagu lawas Indonesia yang seolah tak pernah lekang oleh waktu. Lagu-lagu lawas tampaknya tak akan pernah tergeser posisinya sebagai lagu favorit orang tua kita. Lihat saja saat mereka berkumpul seperti arisan, pernikahan anak mereka maupun pergi ke karaoke, lagu lawas selalu menjadi alasan untuk mengenang kembali zaman muda mereka. Tak bisa dipungkiri jika lagu lawas merupakan timeless classic

Seiring dengan tak pernah pudarnya pengaruh lagu lawas terhadap industri musik tanah air, banyak yang mendaur ulang atau mengaransemen tersebut. Praktik aransemen ini bertujuan untuk mengemas kembali lagu lawas menjadi genre yang lebih friendly terhadap telinga anak zaman sekarang. Meskipun dipermak sedemikian rupa tapi dijamin deh kalian pasti akan masih merasakan nostalgia lagu-lagu lawas berikut. Lalu, apa saja sih sederet lagu lawas Indonesia yang diaransemen ulang dan dibawakan oleh penyanyi masa kini? Simak daftarnya berikut ini!

1. Aku Lelakimu

Lagu hits Aku Lelakimu memang sudah menjadi himne bucin para anak muda. Dibawakan oleh Virzha, sang finalis Indonesian Idol membuat pendengarnya terkagum-kagum. Suara serak-serak basah Virzha yang sudah menjadi ciri khasnya mampu membawa atmosfer yang lebih gloomy. Lagu ini bercerita tentang kesigapan seorang lelaki untuk selalu ada untuk wanitanya. Jadi, dengan dilantunkan oleh Virzha akan lebih terasa makna di baliknya.

Ternyata, lagu ini merupakan lagu daur ulang dari single Anang Hermansyah. Lagu ini diciptakan oleh Pongki Barata yang memang sebelumnya dinyanyikan oleh Anang. Namun sayang, saat Anang membawakannya, lagu ini kurang populer di khalayak umum. Saat dinyanyikan oleh Virzha, lagu ini melejit hingga membuat popularitasnya naik. Baik versi Anang maupun Virzha, lagu ini tak pernah berhenti menjadi lagu favorit di generasi apapun.

 

2. Yang Terlupakan

Baru-baru ini Iwan Fals dan Noah merilis single berjudul Yang Terlupakan. Mereka kembali menyapa penggemar dengan lagu daur ulang milik Iwan Fals. Lagu ini pertama dirilis dan diciptakan oleh Iwan Fals pada tahun 80-an. Band NOAH yang digawangi oleh Lukman, Ariel, Uki, dan David merombak komposisi musik dalam lagu Yang Terlupakan. 

Perlahan namun pasti, lagu ini sukses membuat pendengarnya kembali menyelam ke dalam nostalgia tahun 80-an. Meskipun suara keduanya cukup memiliki warna yang berbeda, menyatukan keduanya justru memberi angin segar bagi lagu lawas ini. Dua legendaris. Lantunan suara gitar khas Iwan Fals dipadukan dengan iringan band NOAH pasti membuat kalian memutar lagu ini berulang kali. Dengarkan ya!

 

3. Panah Asmara

Almarhum Chrisye ini memang pakarnya lagu soal percintaan. Tembangnya sudah menjadi favorit semua generasi. Salah satunya adalah Panah Asmara yang diaransemen ulang dan dinyanyikan oleh Afgan. Afgan pun juga tak kalah sukses dalam meniti karir di dunia tarik suara. Singlenya kerap menduduki posisi teratas tangga lagu Indonesia. Suaranya yang manis dan renyah mampu membuat kaum hawa klepek-klepek tak berdaya.

Lagu ini merupakan single teranyarnya yang aransemennya dibantu oleh Erwin Gutawa. Daur ulang lagu ini cukup memakan waktu yang lama yaitu sebulan. Namun, hasilnya sungguh tak mengecewakan. Lagu ini menjadi lebih cheerful dan cocok didengar di masa sekarang.

Aransemen lagu lawas memang sudah biasa, namun kenangan di dalamnya yang memorable. Meski sudah mengalami perombakan sana sini, lagu-lagu lawas di atas masih mampu menyihir pendengarnya untuk merasakan atmosfer 70-an sampai 90-an. Jadi, jangan ragu ya untuk mendengarkan versi original dan aransemennya! 

Ditulis oleh Adelia Dewi Masita

 

Editor:   Editor KapanLagi.com