Sa'unine Kemas Ulang Lagu Daerah Indonesia di Album Terbaru

Fajar Adhityo | 17 September 2010, 11:38 WIB
Sa'unine Kemas Ulang Lagu Daerah Indonesia di Album Terbaru
Kapanlagi.com - Kelompok musik orkestra Sa'unine menggelar konser dalam peluncuran album MASA LALU SELALU AKTUAL, di Rumah Budaya Tembi, Bantul, Provinsi Daerah Yogyakarta, Rabu (15/09). Ia mengatakan lagu-lagu daerah tersebut dikemas ulang dengan nuansa orkestra untuk menumbuhkan kecintaan terhadap musik-musik tradisional Indonesia.

"Dalam album baru Sa'unine ini, ada 12 lagu daerah yang dikemas dengan nuansa orkestra," kata konduktor Sa'unine Oni Krisnerwanto, di Yogyakarta, Rabu (15/09).

Dalam album baru ini, Sa'unine mengemas lagu-lagu tradisional Indonesia seperti Sapu Lidi, Ilir-ilir, Angin Mamiri, O Ina Ni Keke, dan Kambanglah Bungo Parautan ke dalam format orkestra.

Selain meluncurkan album, konser kali ini juga merupakan acara menghimpun dana bagi salah seorang pemain biola yang banyak terlibat sejak awal berdirinya Sa'unine sampai sekarang, yang saat ini sakit gagal ginjal.

Sementara itu, Produser Eksekutif album MASA LALU SELALU AKTUAL Nuranto mengatakan album baru Sa'unine ini mampu menghidupkan kembali lagu-lagu lama tradisional ke dalam kemasan yang megah.

"Karena memuat lagu-lagu daerah nusantara, album ini sebenarnya dapat dijadikan alat untuk memperkenalkan lagu-lagu tradisional Indonesia ke mancanegara, sehingga akan lebih baik jika Kedutaan Besar Indonesia di seluruh dunia memiliki kopi album MASA LALU SELALU AKTUAL itu," katanya.

Nuranto mengatakan musik orkestra yang selama ini dianggap sebagai musik serius dikemas Saunine menjadi musik yang tidak berat.

Kelompok musik orkestra Sa'unine pada awalnya dibentuk oleh sekumpulan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pada 1992.

Kelompok itu selain banyak mengisi kebutuhan pemain musik gesek di beberapa orkestra di Indonesia, seperti Nusantara Chamber Orchestra, Twilight Orchestra, Magenta, maupun Edwin Gutawa Orchestra, Sa'unine juga banyak mengisi kebutuhan kelompok-kelompok musik yang memerlukan sentuhan permainan orkestra. (antara/faj)

Editor:  

Fajar Adhityo