Sistem Baru JKT48, Kelas Akademi Yang Bikin Persaingan Makin Panas

Guntur Merdekawan | 09 April 2018, 16:35 WIB
Sistem Baru JKT48, Kelas Akademi Yang Bikin Persaingan Makin Panas

Kapanlagi.com - Melody Nurramdhani memang baru saja didapuk untuk jadi General Manager dari JKT48. Meskipun begitu, Ia sudah berani mengambil keputusan untuk merombak sistem dari idol group yang telah membesarkan namanya tersebut. Ya, JKT48 disebutnya telah bubar!

Lebih tepatnya, JKT48 bubar untuk bangkit lagi dan jadi lebih baik. Dari beberapa road map JKT48 yang diumumkan, ada satu sistem baru yang bernama JKT48 Academy. Agar tak bikin orang bingung (terutama bagi fans awam), kali ini JKT48 akan dibagi dalam 3 tim, Tim J, KIII dan T, di mana masing-masing anggotanya 16 orang, yang membuat total anggotanya 48. Sesuai dengan nama JKT48.

"Untuk me Re-boost kondisi JKT48 saat ini secara internal ada sistem team baru yang akan berlaku pada 30 Juni 2018, sistem baru untuk team J, team KIII dan team T, masing-masing akan berjumlah 16 member (total 48), dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan rasa persaingan para member akan ada sistem team baru yang akan kami lakukan. Dalam sistem ini setiap tim akan terdiri dari 16 orang, karena selama ini masyarakat awam selalu mengira bahwa jumlah member JKT48 itu 48 orang. Dalam sistem baru ini mungkin benar-benar akan terdiri dari 48 orang. Selain itu, kami mempersiapakan sebuah tempat untuk mengasah permata baru para permata JKT48, tempat itu adalah JKT48 Academy dan yang akan jadi kepala sekolah adalah Devi Kinal Putri," ujar Melody di Theater JKT48 FX Mall Sudirman, GM JKT48, Minggu (8/4).

Kinal ditunjuk jadi kepala sekolah JKT48 Academy / Credit: Djoko PoerwantoKinal ditunjuk jadi kepala sekolah JKT48 Academy / Credit: Djoko Poerwanto

Seperti diketahui, Kinal sendiri juga telah mengumumkan kelulusannya. Dan seperti Melody, Ia tetap akan berhubungan erat dengan JKT48, karena Ia mendapat posisi baru sebagai kepala sekolah JKT48 Academy yang baru akan dijalankan per 15 April mendatang. Kinal pun menjelaskan sistem dari JKT48 Academy agar lebih mudah dipahami.

"Kemarin kan aku sudah mengumumkan akan lulus tapi juga akan bergabung sebagai operational team JKT48, jadi mereka sudah menyiapkan posisi yang bagus untuk aku sebagai kepala sekolah, jadi ini akan ada JKT48 Academy. Jadi penjelasannya, sejak berdiri dari tahun 2011, JKT48 bertujuan untuk menjadi Idola nasional dalam grup ini para member tidak hanya mendapatkan akan mendapatkan pendidikan untuk dance, singing, namun juga akan dipersiapkan dengan berbagai skill untuk menjadi Idol. JKT48 academy juga akan berusaha mengumpulkan para gadis dari seluruh Indonesia yang memiliki mimpi, jadi di sini mereka akan belajar untuk meraih mimpi mereka dan untuk mewujudkannya, JKT48 akan dibuka mulai 15 April 2018," jelas Kinal.

"Di JKT48 Academy akan ada dua kelas, pertama kalian bisa lihat dibawah ada kelas B, kelas ini berisi dengan pelajar yang belajar berbagai macam skill Idol untuk naik ke kelas A, jadi di kelas B ini akan hanya belajar, hanya akan latihan untuk bisa naik ke kelas A dan supaya kelas B bisa naik ke kelas A, yang bisa menentukan bukan kami (management) tapi oleh fans. Beda kelas B dan kelas A, kelas B hanya latihan, tidak bisa perform di depan umum, jadi berbeda dengan yang dulu, Di kelas A, siswa nya sudah bisa perfom dan sebagai member cadangan team untuk semua event, di kelas A ini enak, membernya sudah bisa perform di Theater mungkin, misal off air atau on air butuh bantuan dari team academy, bisa langsung perform. Siswa dari Kelas A, tentu saja tidak akan berakhir di JKT48 academy saja, tapi akan bisa naik ke team (J, KIII dan T)," sambungnya.

Dengan sistem baru ini, bisa dipastikan setiap idol akan selalu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Karena siapapun bisa kemungkinan untuk naik maupun turun kasta. Dan yang menentukan itu semua tak lain adalah para fans.

"Gimana caranya? setiap handshake event akan diumumkan perubahan untuk team tersebut, jadi taip handshake bakal ada pengumuman baru, kita tidak tahu apakah ada member team yang degradasi ke kelas A, kalau misalkan dia tidak bisa mempertahankan existensinya pada team Inti, tentu saja dia perlu ditraining ulang di kelas A, jadi tidak menutup kemungkinan untuk member team manapun bisa  turun ke kelas A dan vice versa dari di sini kita ingin mewujudkan rasa persaingan dari team biar semakin semangat semuanya ya nggak? Dan selama ini kalian berpikir kalau hanya management yang bisa merombak komposisi team dan kelas academy, tapi kali ini fans juga diikut sertakan untuk menentukan, jadi kami ingin minta bantuan untuk fans semua untuk menentukan dari hati kalain, siapa sih member yang akan didukung untuk menjadi team, jadi kami disini memang sangat meminta tolong dari kalian. Jadi trainee disini yang cantik-cantik akan jadi apa? Mereka sudah berpengalaman akan langsung masuk di kelas A dan untuk kelas B, para siswanya adalah JKT48 generasi 6 yang baru sore tadi dipilih," pungkas Kinal.

(kpl/gtr)

Editor:  

Guntur Merdekawan