'Stairway To Heaven' Led Zeppelin Akan Berurusan Dengan Hukum

Natanael Sepaya | 16 April 2016, 14:22 WIB
'Stairway To Heaven' Led Zeppelin Akan Berurusan Dengan Hukum

Kapanlagi.com - Baru-baru ini, Led Zeppelin dikabarkan siap berurusan dengan pengadilan. Seperti yang dilansir dari Guardian via Time, band asal Inggris ini dituntut oleh unit rock asal Amerika, Taurus, karena memiliki part gitar yang sama pada lagu legendarisnya masing-masing.

Lagu yang dipermasalahkan oleh Taurus tidak lain adalah Stairway To Heaven, salah satu masterpiece Led Zeppelin terbaik di ranah musik rock yang sekaligus mengukuhkan eksistensi mereka sampai hari ini. Menurut hakim, part gitar akustik di bagian awal cukup membuktikan kesamaan di antara lagu Stairway To Heaven dan Spirit yang dibawakan Taurus secara instrumental.

Gitaris sekaligus komposer lagu dari Taurus tersebut, Randy Wolfe, menuduh musiknya telah dicuri Jimmy Page saat Led Zeppelin ikut sebagai band pembuka rangkaian tour Taurus sekitar akhir era 60an. Sedangkan menurut laporan Guardian, Page sendiri menyangkal tuduhan tersebut karena kemiripan progresi chord pada 2 buah lagu merupakan hal yang umum dan lumrah terjadi.

Led Zeppelin saat tampil di Osaka, Jepang, pada tahun 1971 silam © www.ledzeppelin.com/photosLed Zeppelin saat tampil di Osaka, Jepang, pada tahun 1971 silam © www.ledzeppelin.com/photos

Sementara itu pengacara Led Zeppelin melarang hakim untuk menyebutkan argumen apapun yang berkaitan dengan kenangan buruk para rockers karena efek penggunaan obat dan alkohol di sekitar tahun 1960an. Rencananya, kasus Robert Plant dan Jimmy Page ini akan dibawa ke meja hijau pada bulan Mei mendatang.

Kejadian ini boleh dibilang telah menjadi polemik lama di antara para pengamat, pelaku, dan penikmat musik di dunia. Lagu Spirit sendiri dirilis Taurus 3 tahun lebih dulu di tahun 1968, sedangkan track legendaris berdurasi 8 menit milik Led Zeppelin baru diretas pada tahun 1971. Tidak sulit juga untuk mencari kemiripan part gitar pada 2 lagu tersebut di YouTube saat ini.

Tentu saja ada 3 sudut pandang general yang muncul dari kejadian ini. Bisa jadi Taurus memang ingin memperjuangkan kebenaran atau sedang berusaha mencari pengakuan lebih. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga Jimmy Page sukses total mencuri bahkan membuat part gitar Wolfe terdengar lebih sempurna lewat Stairway To Heaven. Walau begitu, keduanya adalah 2 band hebat yang telah memberi pengaruh besar pada perkembangan musik dunia sampai hari ini. So, let the court speaks then.

(tim/ntn)

Editor:   Natanael Sepaya