Sudah Berumur 7 Tahun, Ini Perubahan Yang Terjadi di JKT48

Sanjaya Ferryanto | Kamis, 27 Desember 2018 20:22 WIB
Sudah Berumur 7 Tahun, Ini Perubahan Yang Terjadi di JKT48

Kapanlagi.com - Keluar masuknya pemain ditengah kerasnya persaingan Industri musik menjadi pemandangan yang jamak. Ada yang sekali cetak hits lalu hilang, atau ada pula yang mampu bertahan hingga sekarang.

Seperti halnya JKT48 yang saat ini telah mampu bertahan selama 7 tahun. Diakui atau tidak, mereka telah berhasil memberikan warna sendiri di khasanah musik Indonesia.

Konsep Idol you can meet yang tidak umum menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat musik yang penasaran. Terbukti dengan masih ramainya event yang mereka gelar ataupun jumlah penonton channel video social media mereka yang lumayan besar.

1 dari 2 halaman

1. Membangun Fansbase Militan

Membangun Fansbase Militan JKT48 © Kapanlagi/Djoko Poerwanto
Selama kurun 7 tahun ini mereka sukses membangun komunitas dan fansbase yang cukup militan, walaupun beberapa member keluar masuk. Ada pula fans yang seiring dengan perubahan waktu pensiun menjadi fans JKT48.

Hal ini diakui oleh Kapten JKT48 Shania saat ditemui usai konser 7th Anniversary JKT48. “Evolusinya apa yah, jadi yang bertambah tua itu bukan kita doank, tapi fans nya juga yah (ketawa), jadi kadang-kadang kayak temennya (fans) pada bilang dia udah ngga ngefans lagi, udah mau nikah, lagi sibuk ngurus anak, jadi mungkin fans-fans lama sudah punya urusan masing-masing, tapi di sisi lain kita masih muda ya usianya, jadi untuk fans barunya sih bagaimana caranya akan ditingkatkan,” jelasnya.

2 dari 2 halaman

2. Shania Dapatkan Keluarga Baru

Shania Dapatkan Keluarga Baru JKT48 © Kapanlagi/Djoko Poerwanto
Yupi sebagai center baru single ke 20 serta Ikha yang baru lulus memberi masukan agar JKT48 melakukan 2 kegiatan sekaligus, yaitu dengan bertahan sekaligus jemput bola.

“(Yang jelas) kita akan mempertahankan fans (lama) nya,” buka Shania. “Dan sambil juga cari yang baru, ya tidak akan selamanya orang suka sama Idol grup ini kan, dengan dapat fans baru itu kita kayak nunjukin, ini loh kita bisa,” sambung Ikha.

“Kalau menurut aku, sebenarnya meraih sesuatu itu jauh lebih mudah dari pada mempertahankan. Tapi gimana caranya bisa meraih dan mempertahankan, jadi dua-duanya bisa kita raih,” lanjut Yupi.

Saat ditanya apa hasilnya selama berkarir 7 tahun sebagai Idol, Shania mengatakan jika dirinya mendapatkan keluarga baru. “Dapatnya sih banyak, yang jelas keluarga, (seperti) di kampus saja, hanya setahun, sama temen sendiri udah jadi sahabat, gimana 7 tahun itu lebih dari sekedar keluarga, sama staffnya, sama membernya, fans juga mungkin selama 7 tahun terus-terusan ngikutin kami terus sih,” tutup Shania.

(kpl/djo/frs)


Reporter:  

Djoko

TOPIK TERKAIT
 
↑