Tepat Hari Ini, The Beatles Rekam Singel Perdananya

Girindra Permana Cahya | 11 September 2015, 10:22 WIB
Tepat Hari Ini, The Beatles Rekam Singel Perdananya

Kapanlagi.com - Studio Abbey Road sangat erat kaitannya dengan grup band legendaris, The Beatles. Paul McCartney dan kawan-kawan adalah orang-orang yang mengantarkan studio ini sebagai salah satu tempat rekaman idaman bagi band-band lainnya.

Tepat pada tanggal ini (11/9), The Beatles merekam singel perdananya berjudul Love Me Do di studio yang menjadi daya tarik dari kota London, Abbey Road. Ada cerita menarik di balik rekaman dari lagu pertama yang di-record The Beatles ini.

Dalam langkah awalnya bermusik, The Beatles mengalami beberapa bongkar pasang personel. Formasi awal dari band ini adalah John Lennon (Vokal, Gitar), Paul McCartney (Vokal, Gitar), George Harrison (Vokal, Gitar), Stuart Sutcliffe (Bass) dan Pete Best (Drum). Tak lama kemudian Stuart Sutcliffe mengundurkan diri untuk hijrah ke Jerman dan menikahi Astrid Kircherr dan meninggal di sana tahun 1962 akibat pendarahan otak.

Salah satu momen sejarah dari The Beatles di Abbey Road ©thebeatles.comSalah satu momen sejarah dari The Beatles di Abbey Road ©thebeatles.com

Nasib malang juga dialami oleh Pete Best, karena perfeksionisnya sang manajer George Martin ia harus keluar saat merekam singel perdana The Beatles, Love Me Do. George Martin menemukan bahwa permainan dari Pete Best tidak sesuai dengan musik yang diusung band. Pria ini pun menyarankan John Lennon dan kawan-kawan menggunakan drummer sewaan pada rekaman pertamanya tersebut.

Dalam catatan, lagu Love Me Do telah direkam sebanyak 3 kali. Pertama pada tanggal 6 Juni 1962 yang saat itu masih menggunakan Pete Best. Yang kedua bersama Ringo Starr, drummer yang menggantikan Best pada tanggal 4 September 1962.

Rupanya Ringo butuh waktu untuk menyatukan feel-nya dengan band asal Liverpool ini, akhirnya mereka memutuskan untuk merekam lagi lagu tersebut pada tanggal 11 September 1962 bersama Andy White. Permainan dari Andy yang notabene drummer sewaan ternyata lebih nge-blend dengan musik yang dimainkan John Lennon dan kawan-kawan. Mereka pun menggunakan versi terkahir ini untuk diluncurkan ke khalayak ramai.

Tak hanya satu lagu, drummer sementara Beatles itu terlibat dalam satu sesi rekaman. Selain Love Me Do, ia juga merekam tembang PS I Love You.

Studio Abbey Road ©abbeyroad.comStudio Abbey Road ©abbeyroad.com

Insting musik dari Beatles kelima (julukan sang manajer George Martin) terbukti benar dan tepat. Karena usulnya untuk anak asuhnya, Love Me Do yang dilempar ke publik masuk tangga lagu 20 besar di Inggris, tepatnya di urutan ke 17 dalam satu bulan saja.

Setelah torehan manis dari karya yang mereka rekam, Studio Abbey Road menjadi langganan rekaman dari band yang telah merilis 12 album ini. Sampai saat ini studio ini masih digunakan untuk rekaman, momen-momen yang ditinggalkan Beatles di tempat ini akan menjadi kisah abadi untuk blantika musik dunia.

(kpl/otx)

Editor:   Girindra Permana Cahya