Team J Baru JKT48 Bawakan Lagu di Luar Genre Saat Konser 'J Paradise'

Dhimas Nugraha | Minggu, 28 Juli 2019 20:15 WIB
Team J Baru JKT48 Bawakan Lagu di Luar Genre Saat Konser 'J Paradise'

Kapanlagi.com - Solo konser pertama Team J JKT48 bertajuk 'J Paradise', yang berlangsung di gedung SMESCO, Gatot Subroto, Jakarta Selatan (21/7/2019), menjadi ajang pembuktian jika semua lagu JKT48 bisa diaransemen dengan segala genre musik.

Selama hampir dua jam, penonton disuguhi lagu-lagu andalan Team J dengan format musik berbeda. Ada genre Rock, Jazz, Dangdut, original J-pop dan beberapa dibawakan secara acapela. Karena baru pertama kali ditampilkan, beberapa lagu memang terasa tidak biasa, sebab jiwa lagu JKT48 yang sangat J-pop dicabut dan ganti dengan warna baru sesuai genre.

1 dari 5 halaman

1. J Paradise Dibuka Dengan Lagu Jazz

J Paradise Dibuka Dengan Lagu Jazz Solo konser Team J JKT48 ©KapanLagi.com/Djoko Poerwanto
Pertunjukan J Paradise dibuka dengan tiga lagu yang musiknya diubah ulang menjadi genre rock. Ada lagu JKT Sanjou!, Pioner dan lagu khas andalan setlist Sambil Menggandeng Erat Tanganku, Arah Sang Cinta dan Balasanya.

Sebagai pemanasan, lagu-lagu tersebut sebenarnya memang sudah memiliki signature lagu rock. Jadi, bukanlah hal sulit bagi mereka untuk membawakan lagu tersebut, dan benar, Team J berhasil menampilkannya dengan luar biasa.

 

2 dari 5 halaman

2. Heavy Rotation Berubah Jadi Lagu Dangdut

Heavy Rotation Berubah Jadi Lagu Dangdut Solo konser Team J JKT48 ©KapanLagi.com/Djoko Poerwanto
Kenekatan Team J mulai terlihat di par ke 2, di mana mereka bereksperimen menampilan lagu-lagu JKT48 dengan genre musik jazz. Lagu-lagu unit song seperti Bird, Kuroi Tenshi, Manatsu no Christmas Rose, dan Junai no Crescendo, dirombak total menjadi smooth jazz yang penikmat casual masih bisa mendengarkan.

Arc ketiga, Team J menyuguhkan lagu dengan genre dangdut. Seperti yang diketahui, JKT48 sebelumnya juga pernah membawakan lagu dengan genre dangdut pada pengenalan lagu Halloween Night dengan aransemen dangdut. Pada arc ketiga ini, ada tiga lagu yang digubah menjadi dangdut, yaitu Koisuru Fortune Cookie, Luar biasa, dan Heavy Rotation.

Hal yang menarik di sini adalah, Heavy Rotation yang bisanya kental dengan irama J-Pop, diubah total menjadi dangdut. Lagu yang biasanya dibuka dengan hitungan dalam bahasa Indonesia, di lagu ini, Yupi memulainya dengan hitungan Bahasa Jawa (ji-ro-lu-pat!)

3 dari 5 halaman

3. Bawakan Musik Secara Acapela di Akhir Pertunjukkan

Bawakan Musik Secara Acapela di Akhir Pertunjukkan Solo konser Team J JKT48 ©KapanLagi.com/Djoko Poerwanto
Mendekati akhir pertunjukkan, Team J membawakan lagu dengan cara acapela. Mendapat 4 tambahan member dari unit akustik (Sisca, Aurel, Nadila dan Rona), menjadi powerhouse untuk team J unjuk gigi soal harmonisasi vokal.

Ada pun lagu keras seperti River yang tone down menjadi sahut-sahutan suara. Selain itu ada So long yang dibawakan dengan Indah dan mengena di hati. Lagu So long menjadi lagu perpisahan Aya yang akan pindah ke team KIII setelah ini.

4 dari 5 halaman

4. Bawakan Genre Lain Sebagai Pembuktian Team J Bisa

Bawakan Genre Lain Sebagai Pembuktian Team J Bisa Solo konser Team J JKT48 ©KapanLagi.com/Djoko Poerwanto
Setelah encore, Team J kembali menyanyikan lagu-lagu dengan format asli mereka. Tentu saja tak ketinggalan lagu Only Today yang membuat venue bergetar oleh teriakan dan chant fans. Selain itu, Team J juga menampilkan lagu terbaru mereka Majisuka Rock n Roll.

Konsep yang cukup menarik dibawakan oleh Team J ini tentu sudah dipertimbangkan sebelumnya. Gaby, sebagai kapten Team J menuturkan, jika JKT48 bisa membawakan lagu di luar genre mereka.

"Kita ingin menunjukan team J yang baru, karena sebelumnya sama sekali belum pernah ada. Nah, di team J yang baru ini, aku pengen nunjukin team J bisa kok. Nah, dengan ngebawain lagu-lagu yang diaransemen ulang ini, Team J pantas dan layak untuk didukung”  tutur Gaby.

5 dari 5 halaman

5. Sempat Kesulitan Untuk Masuk ke Genre Musik Baru

Sempat Kesulitan Untuk Masuk ke Genre Musik Baru Solo konser Team J JKT48 ©KapanLagi.com/Djoko Poerwanto
Tak hanya itu, eksperimen baru ini menjadi tantangan tersendiri bagi para member JKT48. Gaby dan rekan lainnya sempat kesusahan dengan lagu yang tidak bisa mereka nyanyikan.

“Challenge adalah, biasanya kan kita ngebawain lagunya dengan ceria, tapi ini kita harus masuk nih ke dalam lagunya. Misal, kayak di Jazz tadi, kita harus kayak asyik gitu, tapi kalau dangdut kita harus ikut dangdut koplo banget, joget-joget, kita harus ngebawa. Kita belajar gimana caranya supaya kita bisa ngebawain lagunya dengan baik,” Pungkas Gaby.

(kpl/jok/dim)


Reporter:  

Djoko

↑