The Doors, Akhirnya Terima Penghargaan Meski Terlambat

Yunita Rachmawati | 20 Desember 2006, 22:11 WIB
Kapanlagi.com - Band-band rock legendaris, yakni The Doors, The Grateful Dead, Booker T & the MGs, dinyatakan oleh Recording Academy, selasa (19/12) kemarin, akan menerima Grammy Awards untuk kategori pengabdian seumur hidup.

Menurut kantor berita Reuters, penghargaan ini dirasa lambat untuk beberapa penerimanya. Penyanyi The Doors, Jim Morrison, meninggal dunia pada 1971, kemudian menyusul Wills pada 1975, Callas pada 1977 dan Jerry Garcia dari Grateful Dead pada 1995.

Penabuh drum Booker T & the MGs, Al Jackson Jr, juga meninggal dunia pada 1975 setelah dibunuh penyerang tak dikenal di rumahnya di Memphis.

Penghargaan pengabdian yang akan diserahkan dalam upacara menjelang acara penyerahan penganugerahan utama Grammy Awards pada 11 Pebruari di Los Angeles ini, dikabarkan juga akan diserahkan kepada mendiang penyanyi opera Maria Callas, penyanyi folk Joan Baez, peniup saxofon jazz Ornette Coleman dan mendiang ikon musik country Bob Wills, tulis DPA mengutip Recording Academy.

Coleman, yang kini berusia 76 tahun, baru saja menerima nominasi Grammy pertama dalam karirnya untuk album pertamanya dalam 10 tahun. Baez pernah mendapat enam nominasi, namun tak satupun trofi atas namanya. (*/boo)

Editor:  

Yunita Rachmawati