Tika Ramlan Kecewa Video Klip Diganti Pemandangan

Wulan Noviarina Anggraini | 05 September 2014, 13:50 WIB
Tika Ramlan Kecewa Video Klip Diganti Pemandangan

Kapanlagi.com - Kalau kamu pernah bernyanyi di tempat karaoke, pasti sering melihat beberapa lagu yang tidak sesuai dengan video klip aslinya. Padahal, menurut Undang-Undang, itu adalah salah satu bentuk pelanggaran mechanical right.

Hal itulah yang membuat Tika Ramlan kecewa berat. Pasalnya, ada beberapa lagu milik T2 dan miliknya yang videonya berubah jadi pemandangan. Berbeda jauh dengan video klip asli dari lagu tersebut.

"Kalau suara sih nggak diganti. Lebih ke visual. Gambar saya diganti pemandangan, sawah. Yang rugi nggak cuma produser dan penyanyi. Tapi pembuat video klipnya juga nggak dihargai," ujar Tika saat ditemui awak media belum lama ini.

Mantan punggawa T2 itu pun berharap agar pengusaha karaoke bisa lebih peduli dengan masalah ini. Ia merasa dirugikan dengan banyaknya lagu miliknya yang tak sesuai dengan video aslinya.

Tika kecewa video klipnya jadi pemandangan. @KapanLagi.com®Tika kecewa video klipnya jadi pemandangan. @KapanLagi.com®


Menurut pakar musik, Bens Leo, banyak pengusaha karaoke yang mengikat kontrak dengan penyedia mesin karaoke, bukan dengan pemegang hak cipta lagu-lagu tersebut. Itulah yang membuat banyak video pemandangan seperti yang dialami Tika.

"Lagu diacak-acak sedemikian rupa. Seolah milik mereka. Lalu dijual tanpa izin atau kontrak dengan pemilik asli," papar Bens.

Karena tanpa kontrak resmi itulah, akhirnya banyak video yang tidak sesuai dengan klip asli. Bahkan, bisa jadi tidak ada royalti juga yang masuk ke penyanyi dan pencipta lagunya.

(kpl/ato/phi)

Editor:   Wulan Noviarina Anggraini