Video Too Many Rappers Ditarik Dari Peredaran, Kenapa?

Erick | 14 Januari 2015, 17:35 WIB
Video Too Many Rappers Ditarik Dari Peredaran, Kenapa?

Kapanlagi.com - Sebuah video dari Beastie Boys featuring Nas beredar di dunia maya. Sebenarnya video ini tidak untuk diedarkan luas, namun secara tiba-tiba klip itu muncul di website milik Neal Usatin, seorang editor film.

Video berjudul Too Many Rappers ini diproduksi tahun 2011, disutradarai oleh Roman Coppola. Tapi entah karena alasan apa, video tersebut tidak diedarkan untuk konsumsi publik.

Menurut Pitchfork, seorang kontributor untuk BeastieBoys message board, Eoin MCL lah yang menemukan dan mengunggah video itu. Tapi beberapa user lain berpendapat bahwa videonya sudah beredar sejak September 2013.

Baik Coppola maupun pihak Beastie Boys tidak memberikan pernyataan apapun mengenai video ini. Mereka memang tak terdengar kabar beritanya lagi sejak kematian salah seorang personil mereka, Adam MCA Yauch. Adam meninggal di tahun 2012 karena komplikasi kanker.

Dalam kalimat terakhirnya Yauch mengatakan bahwa dirinya ingin musik Beastie tidak hanya untuk kepentingan iklan saja. Sebuah keinginan yang tentu saja dikabulkan oleh Adam Horowitz dan Mike D. Bulan Juni lalu, mereka memenangkan tuntutan sekitar 2 miliar rupiah atas Monster Energy Drink karena menggunakan 5 lagunya untuk kepentingan iklan tanpa izin, seperti yang ditulis situs Rolling Stone.

Hari ini, video itu ditarik dari peredaran. Beberapa situs terkait yang memberitakan hal ini sudah tidak bisa lagi menampilkan videonya. Diduga hal ini terkait soal copyright.

(rol/erc)

Editor:   Erick