Young Lex, Denny Caknan Berkolaborasi Dengan YouTube Shorts untuk Challenge Terbaru #MletreRame-Rame, Kamu Udah Ikutan Belum?

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 25 November 2021 15:51 WIB
Young Lex, Denny Caknan Berkolaborasi Dengan YouTube Shorts untuk Challenge Terbaru #MletreRame-Rame, Kamu Udah Ikutan Belum?
Dokumentasi Youtube Shorts

Kapanlagi.com - Memang tidak ada habisnya jika berbicara tentang dance challenge. Semakin hari, semakin banyak aja nih dance-dance challenge yang berlalu-lalang di sosial media.

Tapi kamu sudah tahu belum bahwa Indonesia memiliki challenge terbaru selain joget pargoy? Baru-baru ini Young Lex dan Denny Caknan baru saja mengeluarkan single terbaru mereka yang berjudul MLETRE.

Lagu berbahasa Jawa ini memang memiliki musik yang asik. Meski bercerita tentang kisah cinta yang sedih, tapi musiknya gak bisa kalau gak dibawa joget!

Nah akhirnya kolaborasi antara kedua penyanyi ini mewujudkan challenge #MletreRame-Rame yang mana challange ini disupport langsung oleh YouTube Shorts dan menjadi dance challenge pertama Indonesia yang ada di YouTube Shorts.

Challenge yang berlangsung dari 9 November hingga 22 November 2021 ini diwujudkan tidak hanya untuk mengajak masyarakat dalam meramaikan challenge terbaru ini, tetapi juga sebagai wujud nyata bahwa YouTube Shorts ikut mendukung karya anak bangsa.

Selain itu adanya challenge ini juga sebagai bentuk penghargaan kepada kedua musisi - Young Lex dan Denny Caknan, yang mana mereka adalah dua musisi dengan aliran musik yang berbeda tetapi sama-sama memulai karir mereka di platform YouTube.

YouTube Shorts sendiri telah dirilis secara global pada Juli tahun ini yang mana fitur ini akan membantu para content creator untuk membuat video dengan durasi pendek dan juga menghibur para penonton dengan video-video yang memiliki durasi singkat.

“Sejak diluncurkan secara global pada Juli tahun ini, kami sangat senang melihat antusiasme yang ditunjukkan komunitas YouTube kepada Shorts. Tertanda Juli 2021, Shorts - yang membantu orang-orang di seluruh dunia menonton video pendek di YouTube - memiliki lebih dari 15 miliar penayangan setiap harinya. Dan musik selalu menjadi vertikal penting di YouTube. Di mana per Juni 2020, lebih dari 2 miliar penonton yang login ke YouTube dari seluruh dunia, menonton video musik setiap bulannya. Inilah sebabnya, kami memadukan dua hal yang disukai masyarakat - YouTube Shorts dan Musik - kedalam konten ‘hyperlocal' atau yang menjunjung kearifan lokal; untuk menyemangati masyarakat Indonesia di penghujung tahun lewat dance challenge pertama yang berkolaborasi dengan kreator dan musisi lokal Indonesia ini.” jelas Olavina Harahap, Product Marketing Manager YouTube, Google Indonesia. 

1. #MletreRame-Rame Bersama Young Lex, Denny Caknan dan Youtube Shorts

Lagu MLETRE ini sendiri merupakan lagu yang bercerita tentang momen seseorang yang sedang dalam situasi patah hati dan sedang berjuang untuk move on. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa meski kisahnya sedikit miris tetapi musik dari lagu berbahasa daerah ini sangatlah catchy.

Bagaimana tidak, musik dari lagu ini merupakan perpaduan musik lokal - Milenial Dangdut dengan musik modern internasional - Hip Hop. Hal inilah yang membuat musik ini begitu asik jika di jogetin aja! Apalagi yah, choreography dari dance challenge yang satu ini dibuat langsung oleh Young Lex dan Tim.

MLETRE adalah lagu yang berisikan tentang patah hati diiringi dengan alunan irama penuh semangat. Jadi saya berharap ketika orang sedang sedih, tetap dapat terhibur sekaligus bangkit dari kesedihannya dengan lagu MLETRE. Merupakan kebanggan tersendiri bagi saya dapat terus mengangkat hyperlocal content atau kecintaan terhadap kearifan lokal, dan juga berkolaborasi dengan Young Lex serta menjadi bagian dari dance challenge #MletreRameRame yang akan berlangsung di YouTube Shorts," jelas Denny Caknan mengenai lagu terbarunya MLETRE.

Young Lex pun menambah statement Denny Caknan, "Saya pribadi senang akhirnya bisa berkolaborasi dengan Denny dalam lagu genre dangdut dan dalam bahasa Jawa. Walaupun saya banyak dikenal berasal dari Maluku, tapi saya juga berdarah Jawa, yang juga memiliki darah seni yang cukup kental. Makanya suatu kebanggaan akhirnya bisa memiliki lagu yang sejalan dengan identitas saya, juga mengusung kearifan lokal.  Semoga para pendengar merasakan energi serta semangat positif dari kolaborasi kami, saya tak sabar juga melihat karya dance challenge #MletreRameRame mereka semua."

Youtube juga ternyata tidak hanya membuat fitur terbaru yaitu YouTube Shorts, platform para content creator ini juga meliris project 'rumah' bagi para kreator yang mana YouTube akan memberikan fasilitas lengkap yang dibutuhkan para kreator jika mereka membutuhkan informasi atau bantuan apapun dalam membuat konten yang dapat ditemui di youtube.com/creators dan channel YouTube Kreator Indonesia.

“Dengan hadirnya berbagai sumber informasi langsung dari tim YouTube juga komunitas kreator di seluruh dunia yang terpusat, hal ini diharapkan dapat memudahkan komunitas YouTube dan para kreator dalam berkreasi, membantu mengolah minat menjadi peluang baru.” Kata Olavina.

Nah balik lagi nih, buat Klovers jangan lupa buat ikut challenge ini dan meramaikannya dengan tagar #MletreRame-Rame dan #Shorts sebagai bentuk support untuk lagu MLETRE dan fitur YouTube Shorts.

Ayo joget #MletreRameRame dan jangan lupa buat bagikan video kalian di YouTube Shorts. Let's dance!

 

ditulis oleh Diba Imatufariq

Editor:   Editor KapanLagi.com