Yura Yunita Hingga Payung Teduh Ramaikan Balkon Jazz 2019 di Kawasan Candi Borobudur

Sanjaya Ferryanto | Minggu, 25 Agustus 2019 23:31 WIB
Yura Yunita Hingga Payung Teduh Ramaikan Balkon Jazz 2019 di Kawasan Candi Borobudur

Kapanlagi.com - Satu lagi pagelaran musik jazz bakal dihelat besar-besaran di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 14 September 2019. Ya, Balkon Jazz Festival dengan konsep The Experience of Village Atmosphere dengan memadukan keindahan alam dan kekayaan budaya di daerah Candi Borobudur siap memanjakan telinga dan mata pecinta musik Indonesia.

Balkondes Tuksongo sendiri merupakan wilayah yang berada di kawasan Candi Borobudur yang berisi program pemerintah yang menumbuhkan perekonomian desa melalui sektor pariwisata, balai ekonomi UMKM, hingga homestay butik yang bisa menarik perhatian wisatawan.

Dalam perhelatan ini, musisi seperti Yura Yunita, Payung Teduh, Rio Febrian, Dialog Dini Hari, Langit Sore, Tashoora, Nosstress, dan Frau dipastikan akan menghibur penonton yang hadir. Bakkar Wibowo selaku inisiator dari acara ini mengatakan bahwa hadirnya Balkon Jazz Festival memiliki sebuah misi untuk makin memperkenalkan desa-desa di kawasan Candi Borobudur yang kemudian menarik wisatawan khususnya wisatawan asing.

 

1 dari 2 halaman

1. Promosikan Homestay Lokal

Promosikan Homestay Lokal Kapanlagi/Bambang E Ros
"Upaya yang kami lakukan ini tentunya dengan harapan akan terjadi pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat lokal, khususnya di sekitaran daerah penyelenggaraan Balkonjazz. Balkonjazz Festival akan turut mempromosikan desa wisata di seputaran Borobudur, sebagai destinasi baru dengan berbagai atraksi dan sumber daya alam yang sangat menarik. Masyarakat yang ingin menikmati berbagai sajian yang terdapat di Balkonjazz bisa mengaksesnya secara gratis," ungkap Bakkar.

Yang menarik, pengisi acara nantinya juga akan menikmati keindahan dan keramahan dari warga setempat dengan cara menginap di homestay milik warga. Dengan begitu, pengisi acara dapat lebih menyatu dengan misi yang diusung.

"Meskipun homestay, fasilitasnya seperti hotel bintang 4. Kami ingin para artis turut mempromosikan desa-desa tersebut," lanjut Bakkar.

2 dari 2 halaman

2. Acaranya Gratis!

Acaranya Gratis! Kapanlagi/Bambang E Ros
Sementara itu Jatmika Budi Santoso selaku Managemen CBT Nusantara yang menaungi Balkondes Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah mengamini apa yang dikatakan Bakkar. Ia pun menambahkan dengan adanya Balkon Jazz Festival maka Balkondes-Balkondes yang ada di kawasan Candi Borobudur akan makin terangkat.

"Kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur maupun ke beberapa destinasi wisata lainnya yang tersebar di sekitarnya menjadi hal yang membahagiakan untuk perkembangan ekonomi di Indonesia, khususnya bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya Balkondes, tentunya menjadi solusi yang baik bagi para wisatawan yang ingin menambah waktu lama tinggalnya. Semakin lama wisatawan untuk menetap, hal itu tentunya akan berdampak baik bagi pergerakan ekonomi, terutama bali masyarakat di sekitar destinasi wisata" pungkasnya.

"Tak hanya Balkonjazz yang ingin mengangkat potensi yang ada di sekitaran Borobudur, setelah adanya acara ini kami pun berharap akan ada festival-festival serupa," timpal Bakkar menutup perbincangan.

Meskipun pagelaran Balkon Jazz Festival gratis, panitia juga menyiapkan beberapa paket menginap bagi penonton. VIP Package dibagi menjadi Silver dengan harga Rp 550.000, Gold Rp 850.000, Platinum Rp 1.300.000, Diamond Rp 1.500.000 maupun Group Rp 2.400.000.

(kpl/pur/frs)


Reporter:  

Mathias Purwanto.

↑