Bongkar Album Pertama Peterpan 'Taman Langit' yang Bikin Nostalgia, Personelnya Masih Muda-Muda!

Rabu, 28 Juli 2021 23:07
Bongkar Album Pertama Peterpan 'Taman Langit' yang Bikin Nostalgia, Personelnya Masih Muda-Muda!

Saat merilis album perdananya, NOAH (Peterpan) beranggotakan enam orang. Mereka adalah Andika (keyboard), Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), Indra (bass), dan Reza (drum). Di album tersebut terdapat 11 lagu, diantaranya Sahabat, Aku dan Bintang, Semua Tentang Kita, Dan Hilang, Satu Hati, Mimpi yang Sempurna, Taman Langit, Yang Terdalam, Tertinggalkan Waktu, Kita Tertawa, dan Topeng. Banyak orang yang nggak tahu, rilisan fisik album pertama Noah, terutama dalam bentuk kaset pita. Yuk kita bahas, seperti apa sih kaset album pertama Noah 'Taman Langit'.

Buat kalian yang belum tahu, kaset pita begitu populer di Indonesia dari tahun 60-an hingga 2000-an. Setiap orang yang mau mendengarkan album baru dari penyanyi atau band pasti mereka membeli kaset pita yang diputar dengan tape. Seiring berjalannya waktu serta perkembangan teknologi digital membuat keberadaannya tergusur oleh CD dan layanan musik streaming. Saat ini sangat jarang, band atau penyanyi merilis album dengan format kaset pita maupun CD. Banyak sekali band maupun penyanyi yang pernah merasakan merilis album dalam format kaset pita, salah satunya NOAH. Pada tahun 2003, NOAH yang sebelumnya memakai nama Peterpan merilis album perdana mereka berjudul 'Taman Langit' di bawah label Musica Studio. Yang jelas bukan digital, saat itu Noah merilis dalam dua versi dalam albumnya. Pertama dalam bentuk CD dan yang kedua kaset pita.

Saat merilis album perdananya, NOAH (Peterpan) beranggotakan enam orang. Mereka adalah Andika (keyboard), Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), Indra (bass), dan Reza (drum). Di album tersebut terdapat 11 lagu, diantaranya Sahabat, Aku dan Bintang, Semua Tentang Kita, Dan Hilang, Satu Hati, Mimpi yang Sempurna, Taman Langit, Yang Terdalam, Tertinggalkan Waktu, Kita Tertawa, dan Topeng.
Banyak orang yang nggak tahu, rilisan fisik album pertama Noah, terutama dalam bentuk kaset pita. Yuk kita bahas, seperti apa sih kaset album pertama Noah 'Taman Langit'.
Desain cover depan album 'Taman Langit' terdapat gambar tiga buah balon besar terbang berwarna hijau, oranye, dan cokelat yang diikat dengan tali. Kemudian, di samping tiga balon tersebut terdapat foto tangan yang seolah mau mengambil balon berwana oranye yang terbang lebih tinggi dari pada dua balon hijau dan cokelat.
Selain itu, pada cover depan juga terdapat stiker hologram berwarna perak yang bertuliskan Musica. Hologram ini menandakan kalau kaset album 'Taman Langit' itu original, bukan bajakan.
Sama seperti kaset pita pada umumnya. Kaset "Taman Langit" ini juga terdiri dari side A dan B. Di mana, dari 11 lagu yang ada di album tersebut dibagi menjadi dua, A dan B. Pada side A, Sahabat, Aku dan Bintang, Semua Tentang Kita, Dan Hilang, dan Satu Hati. Sedangkan side B, Mimpi yang Sempurna, Taman Langit, Yang Terdalam, Tertinggalkan Waktu, Kita Tertawa, dan Topeng.
Banyak hal menarik ketika kita membuka cover album kaset pita. Biasanya, di dalam cover tersebut pasti ada tempat band atau penyanyi untuk berpose. Begitupun NOAH, Pada album 'Taman Langit' enam personel NOAH berpose di bagian atas cover. Jika dilihat, para personel NOAH pada saat itu masih begitu muda dan polos.
Selain foto personel NOAH, di dalam cover album 'Taman Langit' terdapat 11 lirik lagu. Yang menarik mendengarkan album pakai kaset pita, kita bisa mendengarkan sambil membaca lirik lagu. Biasanya, bukan hanya lirik lagu saja yang ditulis, tetapi ada juga nama pencipta atau penulis lagu.
Yang menarik mendengarkan lagu lewat kaset pita adalah membacakan ucapan terima kasih para personel. Biasanya, setiap band pasti menulis ucapan terima kasih kepada orang-orang terdekatnya. Baik masing-masing personel maupun bandnya sendiri.
Begitupun NOAH, setiap personel menuliskan nama-nama orang terdekatnya yang sudah memberikan bantuan, doa, hingga mereka bisa menyelesaikan album tersebut. Selain personel, NOAH juga menulis ucapan kepada orang-orang terdekatnya di album 'Taman Langit'.
Siapa saja sih nama-nama yang ditulis NOAH di album perdananya tersebut?Tuhan YME, seluruh keluarga besar Peterpan, Peterpan Management, Peterpan Crew, Musica Studio, Bu Acin & The Gank, Java Jive, GIGI, PAS band, 7 Kurcaci, 9 Ball, The Cat, dan masih banyak yang lainnya.
Selengkapnya klik di sini ya