OC Kaligis

Otto Cornelis Kaligis atau yang lebih dikenal dengan sebutan OC Kaligis adalah seorang pengacara yang lahir pada tanggal 19 Juni 1942 di Ujung Pandang. Ia sudah banyak menangani kasus di Indonesia, mulai dari kalangan artis, selebritis, pejabat bahkan kasus yang kontroversial.

Ia merupakan suami dari Alfa Lolita dan ayah dari pesinetron Velove Vexia. Sebelum mendapatkan karir yang cemerlang seperti sekarang, OC sempat mengalami masa-masa yang memprihatinkan. Ia yang meraih gelar sarjana Hukum di Universitas Parahyangan Bandung ini pernah magang menjadi asisten notaris Tumbuan seusai menyelesaikan kuliahnya. Karena kegigihannya, ia kemudian menjadi asisten notaris Tumbuan yang berkantor di Jalan Pegangsaan.

KARIR

OC menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Parahyangan di Bandung pada tahun 1966. Kemudian ia sempat menjadi asisten notaris Tumbuan dengan status magang. Kemudian, statusnya meningkat menjadi asisten notaris. Ia juga pernah mengambil Pendidikan Keterampilan Kenokatariatan di Universitas Indonesia pada tahun 1968. 

Tahun 1972, ia hijrah ke Jerman untuk menempuh pendidikannya di Fakultas Filosofi Universitas Rheinish Westfalische Technische Hochschule hingga tahun 1975.

Beberapa kasus besar yang pernah ia tangani adalah skandal video porno mirip artis Ariel, Luna Maya dan Cut Tari, Pencemaran nama baik RS Omni Tangerang dengan terdakwa Prita Mulyasari dan Kasus suap wisma atlet Muhammad Nazaruddin, salah satu anggota DPR RI dari Partai Demokrat.

Selain menjadi pengacara, ia juga aktif menjadi anggota fungsionaris partai Golkar sejak tahun 1986, anggota Asosiasi Advokat Indonesia sejak tahun 1988, anggota Mondiale De la Presse Diplomatique sejak tahun 1988 dan pejabat di Lembaga Bantuan Hukum Kosgoro sejak tahun 1999. Ia juga menjadi dosen tamu di Fakultas Hukum untuk Universitas Indonesia.


Oleh: Dyan Saryani

Lebih Lengkap