Oele Pattiselanno

Gitaris jazz ini bernama asli Julius Sjoerd Pattiselanno. Ia lahir di Malang, 22 April 1946. Ia merupakan putra dari Piet Pattiselanno yang juga merupakan musisi jazz yang mempunyai sebuah grup Rame Dendang di Surabaya.

Selain Oele, saudara - saudaranya yang bernama Perry Pattiselanno dan Jacky Pattiselanno juga terkenal sebagai musisi jazz.

 

KARIR

Sejak kecil, Oele sudah akrab dengan musk jazz sebab ayahnya sering memutar lagu - lagu Stan Kenton, Oscar Peterson, Joe Pass, hingga Kenny Burrell.

Di tahun 1963, ia sempat berguru jazz kepada Jack Lesmana. Namun tak lama kemudian Jack hijrah ke Jakarta. Oele pun meneruskan karir bermusiknya dengan membentuk band bernama Crescendo bersama kedua adiknya yaitu Perry dan Jacky, Denny Jossal, dan Didi Soekarno.

Di tahun 1970, ia bertemu kembali dengan Jack Lesmana. Jack Lesmana mulai mengajak Oele mengisi musik untuk rekaman seperti mengiringi Margie Segers dan Rien Djamain.

Hingga saat ini Oele sudah banyak terlibat dalam beberapa proyek jazz dan masih aktif dalam grupnya yaitu Trio Pattiselanno. Oele juga banyak bermain untuk panggung jazz dunia seperti North Sea Jazz Festival, Jak Jazz Festival, dan Java Jazz Festival.

 

DISKOGRAFI

Sebagai Musisi Pendukung

JAZZ MASA LALU & MASA KINI - JACK LESMANA (1976)

PENINA MERDEKA - JACK LESMANA (1977)

MERPATI PUTIH - JACK LESMANA (1978)

AYAHKU SAHABATKU - JACK LESMANA (1978)

JAZZ MASTERS - BENNY LIKUMAHUWA (2000)

TALKS - RIZA ARSHAD (2002)

OST RUMAH KE TUJUH - INDRA LESMANA (2003)

 

ALBUM SOLO

OELE PATTISELANNO PLAYS STANDARD (2006)

 

Lebih Lengkap