Onew SHINee

Lee Jin-ki atau pemilik nama panggung Onew ini merupakan seorang penyanyi dari salah satu boy band di Korea, Shinee dan juga seorang aktor. Onew lahir di Gwangmyeong, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

 

Onew adalah lulusan dari SMA Gwangmyeong dengan prestasi siswa yang selalu mendapat peringkat dikelasnya. Onew mendapat nilai tertinggi saat ujian masuk Perguruan Tinggi SAT. Namun kemudian dia malah masuk di Universitas Chungwoon, jurusan musik broadcasting.

 

Pada bulan Juni 2009, saat menghadiri acara final MUSIC BANK, Onew pingsan setelah lampu besar terjatuh dan hampir menghantam dirinya. Untungnya Onew mampu menghindarinya dengan diselamatkan Kyuhyun dan Siwon Super Junior.

 

Pada tanggal 2 februari 2012, Onew tidak bisa menghadiri MUSIC BANK di Paris karena pergelangan kakinya cidera. Kemudian pada tahun 2013 saat Shinee sedang promosi, dia diharuskan istirahat total karena dia harus operasi polip pita suara dan operasi rekonstruksi mukosa vokal. Pada 17 desember 2013, Kim Yeon Woo salah seorang teman dan pelatih vokalnya mengungkapkan melalui siaran radio MBC FM4U, bahwa suara Onew sekarang lebih baik setelah di operasi.

 

 

KARIR

Onew pertama kali debut pada tahun 2006 melalui SM Academy Casting. Lee Soo-man, seorang pemilik SM Entertainment ini tertarik dengan suara Onew saat audisi. Kemudian Onew menandatangani kontrak dengan SM Entertainment, sehari setelah dia mengikuti audisi.

 

Pada tahun 2008, dia akhirnya terpilih sebagai anggota kelompok boy band Shinee, dan memulai debutnya pada 25 Mei 2008 di SBS INKIGAYO. Selain bernyanyi bersama Shinee, Onew juga bersolo karir.

 

Onew juga ikut berkontribusi untuk pembuatan single Lee Hyeon-ji ("Vanilla Love" dan "Vanilla Love Part 2"). Kemudian Jessica, member Girls Generation dengan lagu "One Year Later" dalam mini album Tell Me Your Wish (Genie) dan melakukan duet bersama Kim Yeon-woo, "The Name I Loved", dari mini album ketiga Shine "2009, YEAR OF US". Pada 22 Agustus 2012, Onew menyanyikan lagu "In Your Eyes" untuk mengiringi serial drama TO THE BEAUTIFUL YOU.

 

Selain bernyanyi, Onew juga mampu berakting. Dia pernah membintangi drama musikal dan menjadi seorang cameo di drama DR. CHAMP. Akting Onew tidak terlalu buruk, sehingga dia beberapa kali membintangi sebuah drama.

 

Onew juga memiliki bakat menulis lirik lagu, yaitu "Your Name" pada album keduanya, LUCIFER. Beberapa acara musik dan reality show Korea juga pernah dia bawakan, seperti MBC SHOW! MUSIC CORE dan KBS YAHAENGSUNG pada tahun 2014 silam.

 

 

DISKOGRAFI

* "VANILLA LOVE" KISS ME (2008)
* "VANILLA LOVE PART 2" VANILLA LOVE PART 2 (2008)
* "ONE YEAR LATER" TELL ME YOUR WISH (GENIE) (2009)
* "IN YOUR EYES" TO THE BEAUTIFUL YOU OST. (2012)
* "MOONLIGHT" MISS KOREA OST. (2014)

 

 

FILMOGRAFI
*DR CHAMP(2010)
*ATHENA: GODDESS OF WAR (2010)
*OH MY GOD 2X (2012)
*PURE LOVE (2013)
*WELCOME TO ROYAL VILLA (2013)

MUSICAL THEATER

*BROTHERS WERE BRAVE (2010)
*ROCK OF AGES (2010)

Lebih Lengkap