P-Double


P-Double lahir dengan nama asli Paul Palele. Ia lahir di Indonesia, namun pada usia dua tahun ia pindah ke luar negeri mengikuti pekerjaan orang tuanya. Dikelilingi oleh anggota keluarga yang mencintai musik, ia tumbuh dengan lagu-lagu rock pengaruh dari kakaknya dan retro klasik dari sang adik dan ibunya.

Tinggal di Kanada sejak kecil membuat bakat musiknya semakin berkembang. Paul akhirnya memilih aliran musik hip hop sebagai temapatnya berkarya dan menggunakan nama P-Double sebagai nama panggungnya. Paul yang telah menikah tahun lalu ini telah bekerja sama dengan beberapa DJ legendaris dari DJ Mag dan beberapa legenda hip hop yang pernah main di Indonesia. Beberapa artis Indonesia yang pernah bekerja sama dengan P-Double antara lain Sania, Shanty, Once, Lucy Rahmawati, Andy /rif, Horney Browney dan masih banyak lagi.

KARIR
Karir P-Double diawali dari bergabungnya ia dengan SoundQuest Entertainment Group yang beranggotakan 4 DJ kawakan yang sering tampil di nightclub ternama, radio, dan event-event besar lainnya. Awalnya ia bertugas sebagai manajer. Namun lama-kelamaan ia tertarik untuk belajar DJ dengan meminjam alat dan plat milik temannya. Ketika tampil mendampingi para DJ, Paul tidak melewatkan kesempatan itu untuk memperhatikan teknik-teknik DJ yang biasa digunakan teman-temannya. Setelah beberapa lama, ia mulai berani untuk tampil dalam opening set SoundQuest DJ's dan mulai bermain live di sebuah stasiun radio di Toronto secara rutin.


Nama P-Double sendiri diperoleh ketika ia diajak siaran di salah satu acara radio di Toronto. Saat itu Paul sudah dikenal dengan nama Double P karena inisial nama lengkapnya. Dalam acara itu, seorang host salah menyebut namanya menjadi P-Double. Awalnya julukan P-Double menjadi olok-olok di antara dia dan teman-temannya. Namun lama kelamaan, ia semakin populer dan nyaman menggunakan nama tersebut sebagai nama komersilnya.


Ketenarannya di Kanada tidak membuatnya lupa pada Indonesia. Sejak tahun 2005 ia kembali merintis karir di tanah kelahirannya. Tak butuh waktu lama bagi Paul untuk beradaptasi di dunia DJ Indonesia. Ia kemudian bergabung dengan Soul Menace International, promotor musik hip hop pertama di Indonesia. Di tahun yang sama ia juga bekerja di EF Englishtown Indonesia dan tampil dalam stasiun televisi O Channel mengisi program musik. Selain sibuk menjadi DJ, Paul juga pernah menjadi host di ABL (Asian Basketball League).


Tahun 2006 Paul mulai mengisi program radio Paranoia di Hard Rock FM Jakarta dan berhasil menjadi Paranoia Icon. Tahun 2008 ia meninggalkan pekerjaannya di EF Englishtown Indonesia, disusul pada tahun 2011 ia juga mengakhiri masa kerjanya di stasiun televisi O Channel. Saat ini, ia fokus pada pekerjaannya sebagai DJ.


PRESTASI
Paranoia Icon (2006)
MC of the Year Free Magz Awards (2007)
Rookie of the Year Paranoia Awards (2005)

Lebih Lengkap