Pak Ngah


Suhaimi Mohd Zain merupakan nama asli dari pria yang biasa dipanggil Pak Ngah ini. Pak Ngah merupakan komposer dan arranger legendaris dari negeri jiran, Malaysia.


Pria asal Kampung Baru, Kuala Lumpur ini dilahirkan pada tanggal 26 September 1958. Ia telah menikah dengan wanita bernama Sharifah Mahani Syed Kassim. Pasangan ini kemudian dikarunia 2 orang anak yaitu Siti Syafrina dan Mohd Syahrani.


Sebelum menjadi komposer andal, Pak Ngah adalah lulusan Sekolah Rendah Jalan Gurney, Kuala Lumpur (1969) dan Sekolah Menengah Jalan Ampang, Kuala Lumpur (1975)


KARIR


Pak Ngah memulai karirnya di bidang musik sejak ia masih muda dengan mencoba untuk menciptakan lagu lagu Melayu sebagai penyaluran atas bakat seninya yang besar. Berkat kegigihannya, sekitar tahun 1997, penyanyi pop Malaysia yaitu Noraniza Idris tertarik untuk menyanyikan lagu ciptaannya. Lagu berjudul Mahligai Asli ciptaannya terdapat dalam album pertama Noraniza Idris yaitu ALA DONDANG.


Sejak saat itu nama Pak Ngah semakin dikenal diantara para penyanyi Malaysia. Ia juga semakin intens untuk dimintai bantuannya dalam album album Noraniza Idris. Sebut saja lagu Joget Berkias Kasih di album berjudul MASYHUR (1998), Joget Si Kaduk Junjung di album BEKABA (1999), dan masih banyak yang lain.


Lagu legendaris Cindai yang dinyanyikan oleh penyanyi terkenal Siti Nurhaliza membuat nama Pak Ngah semakin melambung. Lagu ini menjadi klimaks dari perjalanan karir Pak Ngah sebagai pencipta lagu. Kerjasama yang terjalin antara Pak Ngah dan Siti Nurhaliza pun terus berlanjut hingga Pak Ngah memproduseri album SANGGAR MUSTIKA milik Siti Nurhaliza yang keluar pada tahun 2007. Di album ini Pak Ngah juga menciptakan lagu yang berjudul Nirmala dan Sulam Sembilan.


Sukses sebagai pencipta lagu, Pak Ngah membuat keputusan berani dengan mendirikan perusahaan rekaman yang bernama Pak Ngah Production Sdn. Bhd yang mengakomodir kebutuhannya dalam mengembangkan karir musiknya.


Baru baru ini Pak Ngah juga terlibat sebagai komposer dan kreator dalam drama musical Upin Ipin yang diadaptasi dari kartun asal Malaysia yang terkenal itu. Ia juga membidani lahirnya trio vokal yaitu TRIO BIDADARI asal Jambi. Trio ini terdiri dari 3 penyanyi cantik yaitu Wulan, Putri, dan Pipin.




DISKOGRAFI


Lagu Cindai (1997)


Lagu Nirmala (2007)


Lagu Jelmakanlah Ayumu (2008)

Lebih Lengkap