Pak Raden

Drs. Suyadi atau yang lebih dikenal dengan sebutan pak Raden adalah pencipta Si Unyil, serial televisi Indonesia yang muncul sejak tahun 1981 hingga 1983 di stasiun televisi TVRI.

ia adalah anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Pada tahun 1960, ia telah menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Seni Urpa ITB Bandung. Kemudian ia meneruskan untuk belajar animasi di kota romantis, Prancis pada tahun 1961 selama tiga tahun.

Ia adalah pendongeng yang handal. Ia mampu mendongeng sambil menggambar. Keahliannya tersebut sangatlah langka di Indonesia, bahkan di dunia.

Sejak beberapa bulan belakangan, hidupnya ia pertaruhkan untuk memperjuangkan hak cipta Si Unyil. 3 Juni 2012 ini, ia mendapatkan penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama di Institut Teknologi Bandung.

 

KARIR

Empat tahun menempuh pendidikan di Fakultas Seni RUpa ITB Bandung, Pak Raden melanjutkan studi di bidang animasi di Prancis selama tiga tahun. Semasa muda, ia dikenal sebagai seorang yang kreatif. Beberapa buku cerita anak bergambar dan film pendek animasi pernah ia hasilkan selama ia menjadi mahasiswa.

Tak hanya ahli dalam membuat ilustrasi, ia juga dikenal pandai membuat alur cerita sendiri. Sejak tahun 70-an, puluhan buku cerita hasil karyanya sudah banyak diedarkan.

Ia juga pandai melukis, banyak lukisannya yang bertemakan anak-anak dan wayang Jawa ia hasilkan.

Satu hal yang melekat padanya adalah sosok Pak Raden, salah satu tokoh di serial si Unyil. Ia menjadi pengisi suara dari tokoh yang selalu berpenampilan dengan beskap, blangkon dan kumisnya yang lebar.

Kini ia sedang memperjuangkan hak cipta sari Si Unyil. Sambil tetap mengisi suara Pak Raden di serial Si Unyil di salah satu televisi swasta, ia juga sempat menjadi bintang di video klip Sembilan Band.

 

SINEMATOGRAFI

 

SI UNYIL

 

LAPTOP SI UNYIL

 

 

Buku:

2008 Buku Cerita Anak Petruk Jadi Raja

PENGHARGAAN

2012 PEnghargaan Ganesa Widya Jasa Utama dari ITB Bandung

Lebih Lengkap