Pance Pondaag

Pance Pondaag atau yang bernama lengkap Pance Frans Pondaag lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 18 Februari 1951. Ia adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu yang terkenal di era 1980-an.

Ia menikah dengan Jaty Lisal dan mempunyai tiga orang anak bernama Paul, Putri dan Patricia. Setelah empat tahun terserang stroke, pada 3 Juni 2010, ia meninggal dunia. 

KARIR

Di era 80-an, nama Pance Pondaag benar-benar melambung tinggi sebagai pencipta lagu yang hits. Hampis semua lagu-lagu ciptaannya menjadi hits dan melambungkan nama penyanyi yang menyanyikannya melejit. 

Puncaknya adalah ketika lagu Tak Ingin Sendiri yag diciptakannya meledak di pasaran. Lagu ini dibawakan oleh Dian Piesesha dan banyak dirilis ulang dalam berbagai versi. Album AKU MASIH SENDIRI  ini adalah lagu jawaban dari Tak Ingin Sendiri.

Ia yang sebelumnya hanya dikenal sebagai pencipta lagu, kemudian terjun menjadi penyanyi. Ia menyanyikan lagu-lagu seperti Walau Hati Menangis, Bukan Salahmu Bukan Salahku dan Perasaan. Di rumahnya, iA mendirikan studio Flower sound.

Pada awal 80-an hingga akhir 90-an, lagu-lagu Pance mewarnai Aneka Ria Safari, Selekt Pop dan beberapa acara musik di TVRI. Ia berperan aktif dalam mencetak artis dan lagu-lagu yang menjadi hits saat itu.

DISKOGRAFI

THE BEST SONG OF PANCE PONDAAG VOL 1.

THE BEST OF PANCE F. PONDAAG KARAOKE VCD.

TEMBANG KENANGAN POP INDONESIA VOL 1 "PENGORBANAN DI ATAS SEGALANYA"

TEMBANG KENANGAN POP INDONESIA VOL 2 "KAU DAN AKU MENYATU"

TEMBANG KENANGAN POP INDONESIA VOL 3 "RINDU DI HATINYA"

TEMBANG KENANGAN POP INDONESIA VOL 4 "MENGAPA TAK PERNAH JUJUR"

TEMBANG KENANGAN POP INDONESIA VOL 6 "SATUHKAN HATIMU"

TEMBANG KENANGAN POP INDONESIA VOL 7 " AKU MASIH SENDIRI"

 


Oleh: Dyan Saryani

 

 

Lebih Lengkap