Pandji Pragiwaksono
Personal
Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo adalah pria kelahiran Singapura, 18 Juni 1979 yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB angkatan 1997 dan merupakan salah satu alumni SMA Kolese Gonzaga angkatan ke-8. Pandji menikah dengan seorang wanita bernama Gamila yang dinikahinya pada tahun 2006.

Karir
Pria yang biasa dipanggil Pandji ini mengawali karir sebagai penyiar radio, sebelum kemudian terkenal sebagai pembawa acara reality show KENA DEH dan kuis HOLE IN THE WALL. Setelah sukses sebagai presenter, dia kemudian juga merilis album perdananya bertajuk PROVOCATIVE PROACTIVE PANDJI. Album yang bergenre Rap dan R&B itu, melibatkan penyanyi jazz Tompi dan istri Pandji sendiri, Gamila Arif yang nimbrung dengan menyanyikan lagu You Think You Know.

Album berisikan dua belas lagu itu merupakan hasil obsesi karyanya yang menurutnya tidak memperhitungkan utung maupun rugi. Bahkan setengah dari tiap pembelian CD akan disumbangkan kepada anak-anak yang menderita kanker melalui C3 atau Community for Children with Cancer.

Lagu ciptaan ayah satu anak yang diproduksi Rizky Record ini di antaranya Bajak Lagu Ini, Morning People feat Steny Agustaf, Dulu Dia Bukan Siapa-Siapa, Ghost Song, Ada Yang Salah feat Tompi, Untuk Indonesia feat Joeniar Arief, Drusteelo, Tabib Qiu, HipHop Help, Mulanya Biasa Saja feat Angga 'Maliq & D`Essentials' Puradireja, Di Bayang Masa Lalu, Kembali Tertawa dan I Know (Kan Kembali).

Pada 2009, Pandji kembali merilis album keduanya, YOU'LL NEVER KNOW WHEN SOMEONE COMES IN AND PRESS PLAY ON YOUR PAUSED LIFE. Dan di awal 2010, pada 21 Januari bersama para penyiar yang tergabung di MRA, Pandji menyumbangkan suaranya di album THIS IS ME, yang merupakan album charity. Penjualan dan keuntungan album ini akan diberikan pada yayasan Onkologi Anak Indonesia.

Diskografi
* PROVOCATIVE PROACTIVE (2008)
* YOU'LL NEVER KNOW WHEN SOMEONE COMES IN AND PRESS PLAY ON YOUR PAUSED LIFE (2009)
* MERDESA (2010)
Lebih Lengkap