Pangeran Andrew
Pangeran Andrew yang bergelar Duke of York tersebut memiliki nama lengkap Andrew Albert Christian Edward. Pria kelahiran Windsor 19 Februari 1960 ini adalah anak laki-laki kedua sekaligus anak ketiga dari ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh.

Pada saat kelahirannya, dia berada pada garis keturunan kedua dari tujuh tahta kerajaan yang yang dikenal dengan nama Negara Persemakmuran. Namun, setelah kelahiran kedua anak kakak laki-lakinya, yang kenetulan juga laki-laki, Pangeran Andrew turun ke garis keturunan keempat di antara keenam belas negara, yaitu Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jamaika, Barbados, Kepulauan Bahamas, Grenada, Papua New Guinea, Kepulauan Solomon, Tuvalu, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Belize, Antigua and Barbuda serta Saint Kitts and Nevis.

Terkait kehidupan pribadinya, Pangeran Andrew menikah dengan Sarah Ferguson pada tahun 1986. Namun pernikahan keduanya akhirnya tidak bertahan lama. Keduanya akhirnya bercerai. Sarah Ferguson sendiri memang dinilai sebagai keluarga kerajaan yang kerap mendapat isu dan pemberitaan negatif.

Selain aktif dalam pemerintahan, Pangeran Andrew juga aktif di bidang militer, sebagaimana pangeran lainnya. Dia sempat dikirim untuk bertugas dalam Perang Falklands. Dia juga aktif dalam lembaga Perwakilan Khusus Inggris Untuk Perdagangan dan Investasi Internasional hingga buolan Juli 2011.
Lebih Lengkap