Park Jin Young

Park Jin Young dikenal juga dengan nama JYP. Ia lahir 13 Januari 1972 dan merupakan seorang penyanyi, dancer, aktor, produser dan CEO dari JYP Entertainment.

Pria ini menghabiskan masa kecil di Seoul. Ia lulus dari SMA BaeMyung High School, dan meraih gelar S1 di jurusan Geology dari Yonsei University.

Ia mengawali debut di tahun 1992 bersama grup Park Jin-Young and the New Generation. Sayang grup itu tidak sukses. Di tahun 1994 ia memilih jalur solo dan merilis album Blue City. Dalam album tersebut terdapat lagu Don t Leave Me yang mengantarkannya kepada kesuksesan.

Park Jin Young hingga saat ini telah merilis 7 album. Album-album tersebut antara lain; Blue City 1994, Tantara 1995, Summer Jingle Bell 1997, Even After 10 Years (1998), hingga album ke-7 Back To Stage (2007).

Tidak hanya sukses sebagai penyanyi, JYP juga menciptakan lebih dari 31 single dan 25 album untuk bintang-bintang ternama seperti Rain hingga Wonder Girls.

JYP tidak hanya sukses di Korea, namun ia juga sempat memproduseri lagu Will Smith, Mase dan Cassie. Pada tahun 2008, ia berkolaborasi dengan Jackie Chan dalam project I Love Asia. Project tersebut bertujuan untuk membantu korban gempa di China.

Pada tahun 2009, lagu ciptaan JYP menjadi lagu Korea pertama yang menembus Billboard Hot 100 Chart lewat Nobody yang dibawakan oleh Wonder Girls.

Selain itu JYP juga menjajaki dunia akting lewat drama Dream High dan Dream High 2. JYP sempat menerima nominasi sebagai New Actor of the Year di Baek Sang Arts Awards.

JYP lantas membintangi film Five Million Dollar Man pada tahun 2011. Ia berperan sebagai Choi Young In, yang bertugas mengantarkan uang USD 5 Juta.


Karir Bisnis:

JYP merupakan CEO yang cukup sukses dengan JYP Entertainment. Agensinya merupakan salah satu agensi terbesar di Korea, dengan bintang-bintang seperti 2PM, Miss A, Wonder Girls dan juga GOT7.

Kehidupan Pribadi:

Sementara untuk kehidupan pribadi, JYP menikah dengan Seo Yoon-jeong pada tahun 1999. Pasangan ini lantas bercerai di tahun 2009. Pada tahun 2013, JYP akhirnya menikah dengan wanita non selebriti yang usianya 9 tahun lebih muda darinya.

Lebih Lengkap