Patub Letto

Patub yang memiliki nama lengkap Agus Riyono lahir di Yogyakarta, 2 Agustus 1979. Ia adalah gitaris grup band Letto. Ia merupakan lulusan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Patub merupakan kakak drumer Letto,Dedy Riyono alias Dhedot

Patub bergabung menjadi gitaris dari band Letto bersama kawan-kawannya semasa SMA yaitu Noe dan Arian, juga adiknya yaitu Dedy atau yang lebih dikenal sebagai Dhedot Letto.

Baru saja, ia dan bandnya mengeluarkan single berjudul Cinta Bersabarlah pada tahun 2011. Lagu ini kemudian menjadi soundtrack dari sinetron DEWA yang ditayangkan di RCTI yag dibintangi oleh Dude Harlino, Naysilla Mirdad dan Baim Wong.

Tahun ini, mereka menggelar pertunjukan teater bertajuk Nabi Darurat Rasul Ad-Hoc yang merupakan karya Emha Ainun Najib.

KARIR

Patub telah mengenal musik sejak kecil. Karier dunia musiknya diawali sejak terjun ke dunia band saat duduk di bangku SMP. Awalnya dia sering memainkan lagu-lagu milik Koes Plus.

Kemudian pengenalan akan musik berlanjut ke aliran rock seperti Scorpion,Queen, dan Led Zeppellin. Ketika kuliah, Patub mengubah aliran musik lebih ke arah classic rock. Patub sempat juga sebentar menjadi drumer.

Namun akhirnya lulusan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada ini fokus ke gitar sampai bergabung dengan Letto. Ia bersama band dimana ia bergabung telah mengeluarkan 4 buah album dimana single-single mereka banyak digunakan untuk mengisi soundtrack dari sinetron-sinetron.

Setelah merilis album mereka yang keempat yang berjudul Cinta Bersabarlah, Patub dan Letto baru saja ikut andil dalam pertunjukan teater yang ceritanya diangkat dari karya Emha Ainun Najib.

DISKOGRAFI

Bersama Letto:

TRUTH CRY AND LIE

DONT MAKE ME SAD

LETHOLOGICA

CINTA BERSABARLAH

 


Oleh: Dyan Saryani

 

Lebih Lengkap