Patudu

Patudu Idol bernama lengkap Patudu Syammayim H.M lahir di Tegal 21 juli 1988. Ia adalah salah satu finalis INDONESIAN IDOL 2008. 

Patudu sudah menyukai bidang menyanyi. Dan orang tuanya pun menyekolahkan ia di bidang vokal pada saat ia berumur 6 tahun. Sejak duduk di bangku kelas 1 SD, sudah banyak perlombaan yang ia ikuti dan menangi.

Pada saat INDONESIAN IDOL musim kedua, ia pernah mencoba ikut audisi. Tetapi, ia sama sekali tidak lolos. Hingga, Patudu yang kini berkuliah di Universitas Diponegoro Semarang ini, mengikuti audisi untuk kedua kalinya di ajang yang sama pada tahun 2008. Ia pun berhasil lolos babak Workshop dan masuk dalam tiga besar.

Kini, selepas menyelesaikan perjalanannya di Indonesian Idol, ia mengeluarkan album perdananya bersama Hurricane Records setelah sebelumnya merilis album bersama bandnya yang bernama Sunday School Roller Coaster .

KARIR

Patudu, begitu ia akrab disapa, memulai karirnya sejak ia masih duduk di bangku sekolah. Patudu kecil sudah diikutkan sekolah vokal oleh orang tuanya sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar. Awalnya, ia enggan dengan keinginan orang tuanya namun lama-kelamaan ia menikmatinya.

Patudu sudah banyak mengikuti berbagai kompetisi bernyanyi dan menjuarainya. Hingga ia memutuskan untuk mengikuti audisi Indonesian Idol musim kedua namun ia tidak lolos dalam audisi pertamanya tersebut.

Kemudian, ia mengikuti audisi ajang yang sama pada tahun 2008 dan lolos. Ia lolos hingga panggung Spektakuler Show yang ke-5 dan kemudian tereliminasi.

Setelah bergabung dengan Indonesian Idol, ia sempat membentuk sebuah band bernama Sunday School Roller Coaster dan mengeluarkan album. Kini, ia yang bersolo karir telah mengeluarkan album solo perdananya yang berisi 10 lagu ciptaannya sendiri. 


Oleh: Dyan Saryani

Lebih Lengkap