Pierce Brosnan
Pierce Brendan Brosnan atau yang populer dengan nama Pierce Brosnan adalah aktor kelahiran Irlandia yang terkenal sebagai pemeran agen rahasia, James Bond dalam beberaa sequel film 007. Selama 1995-2002, Brosnan telah membintangi sequel JAMES BOND 007, masing-masing adalah GOLDENEYE, TOMORROW NEVER DIES, THE WORLD IS NOT ENOUGH dan DIE ANOTHER DAY.

Karirnya sebagai bintang diawali lewat pangung teather, sebelum kemudian debut film layar lebarnya berjudul THE LONG GOOD FRIDAY (1980), disusul di tahun yang sama THE MIRROR CRACK'D (1980). Film suksesnya yang lain di antaranya THE FOURTH PROTOCOL, THE LAWNMOWER MAN, MRS DOUBTFIRE, NIGHT WATCH.

Di samping itu suksesnya juga disusul lewat serial TV, seperti THE PROFESSIONALS, MURPHY'S STROKE, PLAY FOR TODAY dan serial TV yang juga disukai publik Amerika, MANIONS OF AMERICA. Ditambah sukses serial TV, REMINGTON STEELE, yang membuat namanya semakin mantap di dunia akting.

Perannya sebagai Robert Gould Shaw II dalam serial MASTERPIECE THEATRE (1982) kemudian mengantarkannya meraih nominasi Golden Globe Award.

Sementara perjalanan hidupnya pria kelahiran 1953 ini dilalui bersama aktris Cassandra Harris, yang dinikahinya pada 1977. Namun setelah sebelas tahun bersama, tepatnya tahun 1991, Harris meinggal dunia akibat serangan kanker. Berikutnya ia menikah dengan model Keely Shaye Smith, yang memberinya dua anak laki-laki.
Lebih Lengkap