10 Cara Membuat Slime Dengan Dua Bahan, Unik dan Menarik, Nggak Bikin Ribet!

Editor KapanLagi.com | Rabu, 12 Juni 2019 19:07 WIB
10 Cara Membuat Slime Dengan Dua Bahan, Unik dan Menarik, Nggak Bikin Ribet!

Kapanlagi.com - Slime memang terkenal sebagai bahan mainan anak, tapi tahukah kamu kalau awal mula slime digunakan untuk membersihkan kotoran dan debu. Karena bentuk nya yang fleksibel dan lentur dapat digunakan untuk menjangkau sudut-sudut barang atau benda yang sulit dibersihkan. Misalnya saja celah-celah pada keyboard laptop dan sebagainya. Namun, seiring berkembangnya slime ini di masyarakat, membuat slime ini menjadi mainan populer dan diminati oleh anak-anak. Nggak Cuma anak-anak loh, remaja hingga orang dewasa pun ada yang suka dengan mainan ini.

Karena sudah menjadi tren di kalangan masyarakat, alhasil banyak yang membagikan tutorial membuat slime di internet, situs blogspot, hingga video youtube. Salah satu youtuber seperti Ria Ricis pun nggak ketinggalan menjadikan slime untuk konten video youtube nya. Dan video tutorial itu sekarang sudah dilihat lebih dari satu juta kali. Kebayang nggak sih slime bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan. Dan itu berkat kepopularitasan slime di masyarakat. Nah kamu sendiri suka nggak sama mainan slime ini? Cara bikin slime nggak serumit yang kamu bayangkan, hanya dengan dua bahan saja kamu bisa bikin slime sendiri yang nggak kalah unik dan menarik dengan slime yang dijual di toko. Cobain yuk bikin slime sendiri seperti 15 cara membuat slime dengan dua bahan di bawah ini.

1. Shampo dan Garam

Ilustrasi shampo dan garam (credit: Shutterstock)Ilustrasi shampo dan garam (credit: Shutterstock)

Langsung aja cara membuat slime dengan dua bahan yang pertama adalah dari bahan shampo dan garam. Pertama kamu perlu menyiapkan shampoo (merk bebas dan usahakan yang paling kental), garam halus, obat sariawan GOM (ada di apotek). Kegunaan GOM sendiri adalah sebagai slime activator, jadi slime kamu akan mudah sekali dibentuk. Langkah pertama campurkan 4 sdm shampoo dan 2 sdm garam, lalu aduk rata hingga mengental. Jangan lupa tambahkan slime activator secukupnya saja. Selanjutya masukkan adonan slime yang sudah tercampur tadi ke dalam kulkas selama 20 menit. Perhatikan tekstur apabila masih lengket tetap biarkan berada di dalam kulkas.

2. Susu Cair dan Tepung Maizena

Ilustrasi susu cair dan tepung maizena (credit: Shutterstock)Ilustrasi susu cair dan tepung maizena (credit: Shutterstock)

Apa jadinya kalau susu cair dibuat sebagai adonan slime? Mungkin nggak cuma kamu aja yang terheran-heran, faktanya susu cair memang bisa dibikin slime loh. Yaps, cara membuat slime dengan dua bahan kali ini menggunakan campuran susu cair dan tepung maizena atau tepung kanji. Langsung aja kamu siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti susu cair (merk bebas), susu kental manis yang dicampur dengan tepung maizena dan ¼ sdm air. Langkah pertama panaskan susu yang telah dengan maizena tadi. Setelah itu dinginkan. Selanjutnya masukkan bubuk vanilla ke dalam adonan. Sambil diaduk, masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai adonan membentuk tekstur kental. Setelah itu panaskan lagi di atas kompor. Matikan api dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin tambahkan pewarna makanan untuk warna slime yang menarik. Terakhir, masukkan ke dalam kulkas. Selesai.

3. Lem Povinal dan GOM

Ilustrasi lem (credit: Shutterstock)Ilustrasi lem (credit: Shutterstock)

GOM merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat slime. GOM sendiri tersedia di apotek. Fungsinya untuk mengobati sariawan. Eits, jangan salah di dalam proses pembuatan slime GOM berfungsi untuk mengenyalkan tekstur slime. Nah, dilansir dari idntimes, cara membuat slime dengan dua bahan yang ketiga ini gampang banget. Pertama, kamu siapkan wadah baskom dan pengaduk (bisa menggunakan sendok). Kamu lebih baik menggunakan GOM (bisa dibeli di apotek) untuk hasil yang bagus. Tenang, harganya murah dan terjangkau. Selanjutnya tuangkan GOM (satu tetes) kemudian campurkan dengan lem povinal. Kemudian aduk rata. Eits, jangan lupa untuk menambahkan pewarna agak slime lebih menarik. Terakhir, aduk terus sampai adonan slime kenyal dan mengental.

4. Bedak Bayi dan Baby Oil

Cara membuat slime dengan dua bahan selanjutnya bisa kamu coba dengan bedak bayi dan baby oil. Jangan salah, bedak bayi juga bisa digunakan untuk membuat slime loh, hebat kan? Langsung aja yuk pertama-tama siapkan 1 botol bedak bayi, baby oil, dan pewarna. Setelah itu baru kamu bisa mulai membuat dengan menuangkan 1 botol bedak bayi dan ¼ sdm baby oil, disusul dengan menambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga adonan mencapai tekstur kental. Nah Terakhir, tambahkan dengan pewarna.

5. Tepung Kanji dan Minyak Goreng

Ilustrasi minyak goreng dan tepung maizena (credit: Shutterstock)Ilustrasi minyak goreng dan tepung maizena (credit: Shutterstock)

Yuhu, cara membuat slime dengan dua bahan selanjutnya menggunakan tepung kanji dan minyak goreng. Tepung nya nggak digoreng loh ya. Nah, biar nggak salah paham langsung aja yuk disimak cara bikin nya. Pertama, seperti biasanya kamu siapkan bahan-bahan seperti tepung kanji, minyak goreng, air, dan pewarna. Langkah berikutnya kamu siapkan baskom, tuangkan tepung kanji ke dalamnya dan beri air sedikit demi sedikit. Lalu aduk secara perlahan samai merata. Kemudian tuangkan minyak goreng, aduk lagi. Terakhir, beri pewarna. Jangan lupa dinginkan slime dalam kulkas sampai tekstur slime menjadi tidak lengket.

6. Sabun cair dan Lem Rajawali (white glue)

Selain shampo sabun cair juga bisa digunakan untuk membuat slime loh. Cara membuat slime dengan dua bahan ini nggak kalah gampang dari cara sebelumnya. Pertama kalian siapkan sabun cair (apa aja), lem rajawali (lem putih), dan pewarna. Langkah selanjutnya tuangkan lem rajawali ke dalam sebuah wadah (takaran sesuai selera). Kemudian campur dengan sabun cair dengan perbandingan 1sdm lem rajawali dan sabun cair 1 tetes. Lalu aduk sampai merata dan terlihat menggumpal. Terakhir, beri pewarna (bubuk/cair) supaya slime menjadi lebih menarik.

7. Pepsodent dan Sabun Cuci Piring

Peralatan mandi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat slime selain sabun dan shampoo adalah pasta gigi. Kali ini kamu akan menggunakan pasta gigi merk pepsodent. Cara membuat slime dengan dua bahan pasta gigi dan sabun cuci piring ini jelas nggak akan bikin kamu ribet. Langsung aja kamu siapkan bahan yang diperlukan seperti pepsodent, dan sabun cuci piring cair dan garam. Setelah itu masukkan sabun ke dalam sebuah wadah dengan takaran sesuai selera (perlu diperhatikan jika takaran sabun cair 3 sdm maka garam yang diperlukan 3 kali taburan garam saja). Lalu aduk campuran garam dengan sabun tersebut. Selanjutnya tambahkan pepsodent dengan takaran yang sedang dan beri sedikit taburan garam lagi. Terus aduk sampai merata. Terakhir, masukan ke dalam kulkas dengan waktu yang lama sampai slime tidak terasa lengket.

8. Tepung Terigu dan Sabun Cuci Piring

Selain tepung maizena, tepung terigu juga bisa loh kamu gunakan sebagai bahan pembuat slime. Daripada penasaran yuk langsung aja simak apa saja bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan nya adalah tepung terigu, sabun cuci piring cair, air, dan minyak goreng. Langkah pertama kamu tuangkan 3 sdm tepung terigu ke dalam sebuah wadah. Selanjutnya tuangkan juga sabun cuci piring dengan takaran lebih banyak dari tepung. Aduk sampai setengah merata. Kemudian tuangkan lagi akhir secukupnya (takaran lebih sedikit), aduk lagi sampai semua bahan tercampur. Jangan lupa tambahkan lagi 1,5 sendok makan tepung terigu, campur dengan tangan. Terakhir, tambahkan minyak goreng supaya slime tidak lengket. Selesai.

9. Lem Rajawali dan Slime Activator

Cara membuat slime dengan dua bahan kali ini kamu gunakan slime activator dengan lem rajawali atau white glue. Slime activator bisa kamu buat sendiri hanya dengan obat tetes mata dan garam biasa seperti pada artikel sebelumnya. Pertama-tama kamu siapkan clear glue (berwarna bening) dan white glue (takaran sama dengan clear glue). Tuangkan kedua lem ke sebuah wadah, kemudian aduk. Selanjutnya tambahkan body lotion (merk bebas sedikit saja) dan sedikit air. Aduk lagi sampai rata, lalu tambahkan detergent cair sedikit, dan aduk-aduk. Terakhir, tuang slime activator (yang banyak) sambil di aduk sampai menggumpal dan menjadi slime.

10. Krim Pencukur Bulu (shaving cream) dan Sabun Cair

Ilustrasi sabun cair (credit: Shutterstock)Ilustrasi sabun cair (credit: Shutterstock)

Dilansir dari wikihow, cara membuat slime dengan dua bahan yang terakhir menggunakan bahan shaving cream atau (krim yang biasanya digunakan untuk mencukur bulu. Unik bukan? Langsung saja yuk persiapkan bahan seperti shaving cream, Sabun cair, dan Garam. Langkah yang pertama kamu siapkan wadah, lalu tuangkan sabun cair ke dalam wadah secukupnya (semakin banyak sabun cair yang dituangkan akan semakin banyak pula slime yang akan dibuat). Selanjutnya masukkan shaving cream dengan perbandingan 1:1 antara shaving cream dan sabun cair, aduk rata. Kemudian masukkan 1 sendok makan garam (Jika tekstur masih kurang kenyal seperti jelly, tambahkan lagi garam sesuai kebutuhan), aduk lagi. Setelah adonan membentuk slime, masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit. Tada! Slime siap dimainkan.

Nah itu tadi 10 cara membuat slime dengan dua bahan dasar yang bisa kamu praktekkan di rumah. Memang semakin berkembangnya slime di masyarakat, tutorial untuk membuat slime sendiri sudah semakin kreatif menggunakan bahan-bahan yang nggak sulit dicari. Juga karena caranya yang mudah membuat semua orang tanpa terkecuali bisa membuat slime sendiri, kamu juga!

Penulis: Eva Nur Fauziyah

(kpl/mag/evv)

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com