Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian, Ketahui Pula Penyebabnya!

Rabu, 09 Maret 2022 15:11 WIB
10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian, Ketahui Pula Penyebabnya!

Kapanlagi.com - Terdapat banyak masalah yang mungkin saja menghampiri perangkat laptop atau komputer kalian. Hal itu biasa terjadi pada perangkat elektronik. Salah satu bagian perangkat yang sering dikeluhkan adalah keyboard. Hal itu membuat para pengguna mencari cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.

Meski tak sering terjadi, masalah pada keyboard ini cukup menyebalkan. Ini akan mengganggu aktivitas kalian dalam bekerja. Terlebih, keyboard bisa saja mengetik sendiri atau tidak berfungsi seperti seharusnya. Oleh karena itu, sudah seharusnya kalian mengetahui tata cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.

Nah, alih-alih datang ke tempat service, kalian bisa mencoba mengatasi masalah tersebut di rumah. Berikut ini terdapat beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian untuk kalian coba.

1. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Gambar

1. Bersihkan Tombol Keyboard

Salah satu penyebab tidak berfungsinya tombol keyboard adalah kotoran atau debu yang menumpuk dari waktu ke waktu. Kotoran tersebut yang kemudian menjadi penghalang tombol dan membuat sirkuit terganggu. Membersihkannya bisa menjadi cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.

Kalian bisa membersihkannya dengan cara melepas tombol-tombol tersebut, gunakan kuas kecil atau cotton bud agar prosesnya lebih mudah.

2. Aktifkan F-Lock

Perlu kalian ketahui bahwa terdapat ada menu Troubleshoot, F-Lock, juga Num-Lock yang bisa kalian aktifkan saat ada tombol yang tidak berfungsi. Untuk mengetahuinya, silakan simak beberapa langkah berikut ini.

Kalian bisa menekan tombol F-Lock untuk mengaktifkan tombol F. Tombol ini juga bisa kalian gunakan untuk menonaktifkan tombol F, mulai dari F1 hingga F12, bahkan tombol sekunder pada tombol F. Ada kemungkinan bahwa beberapa keyboard juga memberi label tombol F-Lock sebagai tombol Fn.

3. Num-Lock

Jika tombol pada papan angka tak berfungsi, atau mungkin fungsinya tak sesuai kalian bisa menekan tombol Num-Lock. Tombol ini juga bisa kalian jadikan solusi saat kursor bergerak sendiri. Kegunaan tombol Num-Lock adalah mengalihkan fungsi utama pada angka dan fungsi sekunder dari keypad numerik.

Fungsi sekunder yang dimaksud adalah tombol panah, beranda, hapus, dan sebagainya. Ada beberapa laptop yang memiliki indikator LED, jika tombol angka berfungsi dengan baik maka lampu tersebut akan menyala.

2. Penyebab Masalah Pada Keyboard

Gambar

4. Periksa Fungsi Tombol Pada Program

Tentu kalian sudah tahu bahwa terdapat banyak program yang mungkin dijalankan di laptop. Jika kalian mendapat masalah pada keyboard, silakan lakukan uji coba pada program atau aplikasi yang ada seperti browser, Notepad, atau aplikasi pengolah kata. Jika tombol berfungsi di satu program, tapi tidak di program lain maka kesalahan bukan terletak pada keyboard kalian.

5. Troubleshoot

Pada Windows 10 kalian bisa mengakses menu Troubleshoot saat mendapati masalah pada keyboard. Berikut ini langkah-langkah atau cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian melalui menu Troubleshoot.

- Pertama, silakan klik 'Start'.

- Lanjut pilih 'Settings' dan klik menu 'Update & Security'.

- Kalian akan masuk ke halaman 'Troubleshoot'.

- Silakan scroll ke bawah untuk menemukan menu 'Keyboard'.

- Setelah itu, klik 'Run the Troubleshooter'.

3. Periksa Gangguan Lain

Gambar

6. Gangguan hardware

Gangguan hardware yang dimaksud adalah masalah fisik laptop, seperti bantalan keyboard yang sudah longgar atau mulai tidak sensitif.

7. Gangguan software

Tak hanya hardware, laptop juga bisa mengalami gangguan software yang tidak cocok digunakan pada laptop kalian.

8. Tersiram air

Kejadian ceroboh semacam ini memang mungkin terjadi. Jika kalian pernah mengalaminya, baik sengaja atau tidak, kemungkinan masalah keyboard yang sedang kalian hadapi berasal dari tumpahan air atau benda cair lainnya.

9. Pengaturan Keyboard

Ada masalah lain yang mungkin terjadi, seperti saat keyboard laptop malah mengetik sendiri saat digunakan. Saat mengalami masalah tersebut, kalian perlu memeriksa pengaturan keyboard. Pasalnya, ada kemungkinan fitur program bawaan pada keyboard juga bisa tidak berfungsi.

Problem tersebut bisa muncul pada beberapa kemungkinan, misalnya saat kalian mengatur "Repeat Delay" terlalu singkat. Hal itu mungkin akan membuat tombol keyboard yang sebenarnya hanya ditekan sekali malah berfungsi seperti saat ditekan berkali-kali. Kalian bisa mengatasi hal tersebut dengan langkah-langkah berikut ini.

- Silakan masuk ke Start Menu, lalu pilih Control Panel.

- Pilih Ease of Access dan klik tombol Make the keyboard easier to use.

- Lanjut, klik set up filter key dan pilih Uncheck All.

10. Ganti Layout Keyboard

Kalian sudah mencari tahu berbagai penyebab dari masalah keyboard yang muncul di atas, tapi tak segera menemukan jawabannya. Jika hal itu terjadi, kemungkinan problem terletak pada layout. Hal itu bisa menyebabkan keyboard hanya berfungsi sebagian dan tombolnya tak sesuai dengan huruf yang muncul di layar. Berikut ini terdapat cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian yang bisa kalian ikuti.

- Pertama, silakan klik Start Menu.

- Lanjut, searching "Language" pada kolom pencarian.

- Silakan pilih bahasa yang ingin kalian gunakan.

- Setelah itu, pilih Options dan pastikan bahwa tulisan "US QWERTY" terletak di bagian bawah Keyboards pada halaman berikutnya.

- Kalian bisa menghapus beberapa layout keyboard yang tidak diperlukan.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian. Kalian bisa mengikutinya untuk memecahkan masalah sendiri tanpa perlu datang ke tempat service laptop.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com