10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dalam Waktu Singkat, Mungkin Banget Lho

Ayu Miranti | Senin, 20 Mei 2019 12:11 WIB
10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dalam Waktu Singkat, Mungkin Banget Lho

Kapanlagi.com - Jerawat menjadi masalah kulit wajah yang sering kali membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Masalah kulit ini sendiri sering kali hadir dengan beragam jenis. Mulai dari jerawat pasir, whitehead, blackhead, jerawat area T zone, pustula, papula hingga jerawat batu.

Jerawat batu biasanya memiliki ukuran yang besar, bengkak, membuat kulit memerah dan juga lama untuk diobati. Nggak heran jika sedang mengalami jerawat batu, pasti malu banget jika akan keluar rumah. Kamu ngerasain juga nggak?

Penyebab jerawat batu sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari perubadan hormonal, perawatan kulit yang salah, masa pubertas, malas mencuci muka, kulit wajah yang terpapar polusi/debu serta stres.

Bisa nggak sih menghilangkan jerawat batu dalam waktu singkat? Bisa banget lho dengan menerapkan 10 cara berikut ini:

1. Rajin Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

©shutterstock©shutterstock

Tanpa disadari, setelah seharian beraktivitas bahkan hanya di dalam ruangan. Polusi udara, debu dan kotoran sering kali menempel di kulit wajah. Hal inilah yang sering memicu bakteri dan kumat penyebab jerawat batu. Usahakan untuk rajin membersihkan wajah, terutama sebelum mengaplikasikan skincare dan juga sebelum tidur.

Saat tidur, kulit mengalami regenerasi kulit dan proses perbaikan sel kulit mati. Jika kulit tidak dalam keadaan bersih, maka proses ini tidak akan berjalan dengan baik. Apalagi saat mengalami jerawat batu, membiarkan kulit wajah kotor saat tidur justru akan membuatnya semakin membengkak dan tidak kunjung sembuh.

Bersihkan kotoran pada wajah sebelum tidur dengan menghapus makeup terlebih dahulu. Gunakan micellar water atau makeup remover yang sesuai dengan jenis kulitmu. Setelah itu bersihkan secara menyeluruh menggunakan scrub, facial foam dan diakhiri dengan toner. Menjaga kebersihkan kulit sebelum tidur akan membuatnya lebih mudah bernafas.

2. Jangan Dipecahkan

Punya jerawat batu memang bikin gemas untuk memecahkannya. Sayangnya, cara ini sangat tidak direkomendasikan. Memecahkan jerawat merupakan tindakan yang kurang higienis, sekaligus bisa melukai kulit. Nggak heran jika bekas jerawat yang dipaksakan untuk dipecahkan akan meninggalkan bekas yang sulit hilang. Nggak ingin kan hal ini terjadi padamu?

3. Miliki Kualitas Tidur yang Cukup

Jerawat batu juga bisa disebabkan oleh stres dan juga menurunnya sistem imun karena kualitas tidur yang kurang. Terdengar sepele memang, namun jika jerawat batu-mu sudah terlalu lama ada di wajah siapa tahu mengobatinya lewat kebiasaan hidup yang sehat akan mempercepat penyembuhan.

Memiliki kualitas tidur yang baik akan memicu hormon yang akan menyembuhkan jerawat dengan cepat. Bagi orang dewasa, paling tidak disarankan untuk tidur 8 jam pada malam hari. Jangan lupa pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar kulit terhidrasi dengan baik saat tidur.

4. Redakan Jerawat Batu dengan Es Batu

©shutterstock©shutterstock

Suhu es batu yang dingin dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Kompres jerawat batu menggunakan es batu yang telah dibungkus oleh kain atau handuk kecil yang bersih. Sebelum mengompres, pastikan juga kamu telah mencuci muka terlebih dahulu ya. Jerawat batu biasanya akan semakin parah jika terkena benda yang kotor. Jadi, pastikan semua perlengkapan yang digunakan dalam keadaan steril.

5. Ganti Seprai dan Cuci Hijab

Seprai yang kotor dapat menimbulkan jerawat dan tentunya memperlambat penyembuhannya. Hindari kebiasaan buruk ini dengan segera mengganti seprai dengan yang bersih. Begitu juga bagi kamu yang berhijab, pastikan jika semua kerudung dalam keadaan bersih ketika dipakai. Hal ini menghindari kotoran atau polusi yang menempel pada kain bersentuhan dengan jerawat batumu.

6. Gunakan Masker Lidah Buaya

©shutterstock©shutterstock

Jika kamu ingin menggunakan bahan alami untuk mengempeskan jerawat batu secara singkat, lidah buaya bisa menjadi pilihan. Bahan alami ini mengandung polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit.

Cara cepat menghilangkan jerawat batu menggunakan lidah buaya:

1. Ambil lidah buaya, cuci bersih kulitnya

2. Kupas, lalu ambil gel yang terdapat dalam lidah buaya

3. Oleskan pada kulit wajah yang telah dibersihkan, tunggu selama 20 menit

4. Bilas wajah hingga bersih

7. Bawang Putih Bisa Sembuhkan Jerawat Batu

Bahan dapur yang satu ini ternyata punya beragam manfaat yang luar biasa, lho. Bawang putih memiliki kandungan yang dapat menghentikan peradangan sekaligus mengempeskan jerawat batu yang membandel.

Cara menghilangkan jerawat batu menggunakan bawang putih:

1. Ambil 1 siung bawang putih yang sudah dicuci, lalu potong tipis menjadi beberapa bagian

2. Tempelkan pada jerawat batu yang ada di wajahmu

3. Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas hingga bersih

8. Kentang Efektif Kempeskan Jerawat Batu

©shutterstock©shutterstock

Umbi-umbian seperti kentang nggak disangka punya manfaat yang ampuh atasi jerawat batu. Kamu pasti punya kan di dapur? Kentang memiliki kandungan nutrisi yang aman dan baik untuk mengatasi jerawat. Nutrisi yang ada di dalam kentang juga membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Begini cara menghilangkan jerawat batu pakai kentang:

1. Kupas 1 buah kentang, cuci bersih lalu potong tipis

2. Tempelkan potongan tersebut di area jerawat batu

3. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci wajah menggunakan air dingin

9. Campuran Kunyit, Jeruk Nipis dan Madu Bisa Sembuhkan Jerawat Batu

Tahu nggak ada ramuan bahan alami yang dipercaya banget bisa sembuhkan jerawat batu dalam waktu singkat. Campurkan bahan alami ini terdiri dari kunyit, jeruk nipis dan madu.

Kunyit memiliki kandungan aktif bernama kurkumin, yang dikenal memiliki sifat antiradang. Tanaman herbal ini juga mengandung antioksidan dan punya manfaat anti-aging untuk membantu meremajakan kulit.

Sedangkan jeruk nipis merupakan jenis jeruk dengan kandungan vitamin C paling banyak di antara jeruk lainnya. Beberapa kandungan lain yang ada dalam jeruk nipis adalah vitamin B1, minyak atsiri, asam amino, belerang, damar, glikosida dan asam sitrun yang efektif membantu mengempeskan jerawat dengan cepat.

Begitu juga dengan madu, bahan alami yang sejak dahulu dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Madu memiliki zat antibakteri dan antiperadangan yang mampu mengobati infeksi bakteri dan jamur. Saat dioleskan pada kulit, madu akan menjadi pelindung untuk melembapkan dan memberikan nutrisi untuk mempercepat penyembuhan.

Kepo ingin tahu cara buatnya?

1. Parut kunyit, lalu tambahkan perasan jeruk nipis dan 1 sdm madu

2. Aduk bahan tersebut hingga merata, lalu gunakan sebagai masker wajah

3. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air bersih

10. Tomat, Bahan Alami yang Kempeskan Jerawat Batu dengan Cepat

©shutterstock©shutterstock

Masker tomat bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat. Pasalnya, tomat mengandung asam salisilat yang dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah serta mengecilkan pori-pori. Selain menggunakannya sebagai masker, kamu juga bisa mengonsumsinya secara langsung untuk mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Cara cepat menghilangkan jerawat batu menggunakan tomat:

1. Siapkan 1 buah tomat yang telah dicuci bersih, belah menjadi 2 bagian

2. Oleskan potongan tomat pada seluruh area wajah

3. Diamkan selama 20 menit hingga mengering

4. Bilas wajah dengan air bersih

Bonus Cara Alami Hilangkan Jerawat Batu Pakai Putih Telur

Tahukah kamu jika putih telur ternyata mengandung enzim lusozim yang mampu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat? Putih telur juga kaya akan vitamin yang dapat memerangi jerawat. Selain mengurangi minyak pada wajah, putih telur juga bisa membantu mengecilkan pori-pori. Vitamin B2 yang ada di dalamnya membantu meredakan stres pada kulit, sehingga mencegah produksi minyak berlebih yang bisa memicu timbulnya jerawat atau peradangan dalam wkatu yang lama.

Cara alami menghilangkan jerawat batu menggunakan putih telur:

1. Siapkan 1 buah telur, pisahkan antara kuning dan putihnya

2. Kocok putih telur hingga mengembang, oleskan pada area wajah yang berjerawat

3. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat hingga bersih

Itulah 10 cara menghilangkan jerawat batu dalam waktu singkat. Nggak perlu galau lagi deh jika jerawat batu datang, sembuhkan dengan deretan cara di atas ya. Selamat mencoba!

(kpl/ayu)

Editor :  

Ayu Miranti

Join Kapanlagi.com