10 Cara Meninggikan Badan Secara Alami di Usia Dewasa, Mudah dan Cepat

Dita Tamara | Senin, 30 November 2020 11:44 WIB
10 Cara Meninggikan Badan Secara Alami di Usia Dewasa, Mudah dan Cepat

Kapanlagi.com - Cara meninggikan badan tentu saja guna mengubah penampilan mendapatkan tubuh yang jenjang. Sebab, memiliki tubuh yang pendek sering kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Oleh sebab itulah, postur tubuh tinggi menjadi idaman kebanyakan orang. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi tinggi badan seseorang seperti keturunan, nutrisi dalam tubuh, hingga aktivitas sehari-hari.

Meski begitu, kini sudah sangat banyak cara yang dilakukan dengan mengonsumsi suplemen penambah tinggi badan. Tentu saja, suplemen yang mengandung setidaknya zat kimia di dalamnya tentu membahayakan tubuh jika dikonsumsi terlalu lama.

Di sisi lain, di saat usia sudah tidak di masa pertumbuhan, tentu saja kalian bertanya-tanya apakah masih bisa menambah tinggi badan? Kalian nggak perlu khawatir dulu ya, ada sederet cara meninggikan badan secara alami yang bisa langsung kalian praktikkan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi

Cara meninggikan badan yang perlu kalian lakukan yaitu dengan memperhatikan makanan. Sebab, makanan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan badan secara alami. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan tinggi badan, kalian ada baiknya untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Ada banyak makanan tinggi zat besi yang mudah kamu temukan, misalnya seperti daging sapi, bayam, kacang polong, kacang merah, brokoli, hati ayam, dan kuning telur. Selain baik bagi pertumbuhan tulang, zat besi juga akan menghindarkanmu dari risiko anemia, rambut rontok, dan juga sebagai penambah energi.

2. Tidur yang Cukup

Tahukah kalian jika tidur yang cukup dapat membantu kalian memperoleh tinggi badan. Sebab, saat tidur, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan manusia atau HGH. Produksi hormon ini akan berkurang kalau kalian hobi begadang, sehingga berakibat tubuh kurang beristirahat dan kurang mendapatkan tidur yang cukup. Oleh sebab itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan tidur yang cukup ya.

3. Konsumsi Susu Berkalsium Tinggi

Cara meninggikan badan selanjutnya bisa kalian peroleh dengan mengonsumsi susu berkalsium tinggi. Kalsium dipercaya baik untuk pertumbuhan tulang. Selain bisa meninggikan badan, kalsium juga bisa mencegah osteoporosis dan menyehatkan jantung. Kalian bisa mendapatkannya dengan rutin mengonsumsi susu. Kalian juga bisa mengonsumsi olahan susu lainnya seperti yogurt.

4. Renang

Renang menjadi salah satu olahraga yang erat kaitannya sebagai cara meninggikan berat badan. Hal ini lantaran, saat berenang tubuh yang berada di air memerlukan usaha lebih banyak untuk bergerak. Saat bergerak secara horizontal, tubuh pun mulai mengalami perenggangan. Sehingga tinggi badan pun bisa meningkat. Kalian bisa melakukan aktivitas ini setidaknya satu kali dalam seminggu.

5. Bersepeda

Tak hanya berenang, cara meninggikan badan bisa kalian lakukan dengan bersepeda. Olahraga ini menjadi cara yang diminati banyak orang. Selain mudah untuk dilakukan, bersepeda juga merupakan olahraga yang asyik lho.

Cara meninggikan badan dengan bersepeda yaitu kalian cukup dengan mengatur tinggi kursi sepeda kalian, lalu biarkan jari-jari kaki menyentuh pedal sepeda, maka ini dapat menarik tulang kalian untuk tumbuh.

6. Posisi Tidur

Cara meninggikan berat badan secara mudah lainnya yaitu dengan memperhatikan posisi tidur. Sebab, bila kalian melakukan tidur dengan posisi yang salah maka akan mempengaruhi pembentukan tulang belakang, yang pada akhirnya tubuh menjadi bungkuk. Kalian bisa melakukan posisi tidur secara terlentang agar dapat melaksanakan posisi tidur yang baik dan benar. Untuk hasil yang maksimal, jangan tidur menggunakan guling atau bantal yang terlalu tinggi.

7. Lompat Tali

Meski kerap kali dimainkan untuk anak kecil, namun lompat tali merupakan cara efektif untuk membantu mendapatkan tinggi badan lho. Dengan sering melakukan lompat tali, kalian juga dapat membantu memaksimalkan tubuh agar program meninggikan badan menjadi lebih efektif. Dari gerakan lompat tali, otot kaki akan terstimulasi sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Lakukan setiap hari selama 15 menit dan bisa dilakukan dimana saja. Mudah bukan?

8. Menendang

Tahukah kalian melakukan gerakan menendang secara rutin bisa membuat kalian mendapatkan tubuh yang tinggi lho. Hal ini lantaran, gerakan menendang akan membuat otot serta tulang kalian bisa merasakan sensasi ditarik yang akan merangsang pertumbuhan tulang kaki agar lebih panjang dan tentu saja menjadi lebih tinggi.

Cara melakukannya, kalian hanya perlu mempraktikkan gerakan menendang ke depan secara bergantian kaki kanan dan kiri. Atau bisa kalian mengkombinasikannya dengan gerakan lain seperti futsal, yakni saat menendang bola. Lakukan gerakan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

9. Melakukan Peregangan

Peregangan merupakan gerakan yang mudah dilakukan untuk membantu mendapatkan tinggi badan. Gerakan peregangan akan membantu tubuh menjadi tertarik dan membantu meluruskan bentuk tulang belakang.

Cara melakukannya, kalian bisa duduk di kursi dan menempatkan kedua kaki di depan. Kemudian, sentuh jari kaki tanpa membungkuk. Kalian bisa melakukan selama 10 detik dan lakukan sebanyak lima kali. Ada baiknya, kalian melakukan gerakan ini di pagi dan sore hari.

10. Basket

Olahraga basket menjadi salah satu olahraga untuk mendapatkan badan yang tinggi. Hal ini karena pada saat main basket, tubuh akan banyak berlari dan lompat melawan gaya gravitasi. Sehingga otot dan tulang belakang menjadi regang secara maksimal. Ada baiknya kalian bermain basket selama 60 menit secara rutin untuk membantu meninggikan badan.

Itulah sederet cara meninggikan badan secara alami yang bisa langsung kalian praktekkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com