10 Cara Sehat dan Alami Menggemukkan Badan Untuk Cewek, Biar Nggak Kurus Banget

Ayu Miranti | Selasa, 16 Juli 2019 07:00 WIB
10 Cara Sehat dan Alami Menggemukkan Badan Untuk Cewek, Biar Nggak Kurus Banget

Kapanlagi.com - Sebagian besar cewek ingin banget punya berat badan yang ideal. Nggak hanya kurus dan ramping, ternyata ada banyak banget yang struggle untuk menggemukkan badan. Badan yang terlalu kurus ternyata juga menjadi masalah bagi sebagian orang. Nggak hanya berdiet saja yang berat, ternyata menggemukkan badan juga begitu menantang.

Cara sehat dan alami untuk menggemukkan badan ternyata begitu banyak dicari. Sebagian cewek merasa jika terlalu kurus sehingga mengurangi rasa percaya dirinya. Tantangan ini semakin berat jika secara genetik memang berawal dari keturunan keluarga yang kurus. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa mengusahakannya kok.

Ada banyak metode yang biasanya dilakukan untuk bisa menggemukkan badan. Mulai dari mengonsumsi suplemen atau susu tertentu yang bisa menambah massa tubuh. Namun, pastikan apapun yang kamu konsumsi sesuai dengan rekomendasi dokter ya. Pasalnya, setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda.

Cara aman dan sehat untuk menggemukkan tubuh untuk cewek bisa dilakukan dengan melakukan konsultasi dengan dokter ahli gizi. Biasanya dokter akan menentukan nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara alami berikut ini.

1. Cara Cek Berat Badan yang Ideal

Sebagian wanita sering merasa berat badannya kurang karena omongan dari orang lain. Padahal, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui berat badan yang ideal. Menghitung berat badan ideal dengan rumus: Berat Ideal = (Tinggi Badan - 100) - (15% (Tinggi Badan - 100)).

Jika berat badanmu mendekati hasilnya, nggak perlu langsung cemas ya. Namun, jika hasilnya menunjukkan hasil yang terlalu jauh kamu masih bisa melakukan berbagai cara sehat dan alami untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Kalori

Makanan berkalori tinggi memang membantu meningkatkan berat badan. Namun, perlu diketahui jika nggak semua makanan tinggi kalori disarankan untuk dikonsumsi. Pasalnya, beberapa produk hewani yang tinggi kalori juga mengandung lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol jahat. Pastinya kamu ingin memiliki tubuh ideal yang sehat kan, bukan hanya asal berisi?

Makanan tinggi kalori yang sehat dikonsumsi untuk menggemukkan badan adalah telur dan ikan berlemak seperti salmon dan tua pada kelompok protein hewani. Sedangkan kelompok protein nabati, perbanyak konsumsi alpukat, jagung, oatmeal, kentang, kacang dan biji-bijian.

Camilan tinggi kalori yang direkomendasikan adalah buah-buahan kering, greek yogurt dan juga granola. Selain tinggi protein, camilan ini juga kaya serat dan lemak baik.

3. Tubuh yang Sehat Itu Penting

Sering kali wanita merasa kurang percaya diri dengan berat badannya yang jauh dari ideal. Namun, tahukah kamu jika tubuh kurus namun sehat itu sebuah anugerah yang harus disyukuri? Setiap orang memiliki perbedaan hormonal dan metabolisme tubuh. Bisa saja kamu tergolong orang dengan metabolisme cepat, sehingga nutrisi yang didapatkan dari makanan langsung bisa diproses oleh tubuh.

4. Malas Makan? Minum Jus Buah atau Smoothies

Kamu merasa malas makan? Jika makanan berat terasa membosankan, bisa banget kok diganti dengan minuman yang menyenangkan. Jus buah dan smoothie bisa menjadi pilihan yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan.

Buat sendiri jus buah dan smoothies yang rendah gula dengan tambahan susu murni, susu kedelai atau susu almond yang tinggi protein. Dua jenis minuman ini tidak hanya mengenyangkan dan bisa menjadi alternatif camilan. Namun, juga membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Sehingga, kamu bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

5. Kurangi Minum Sebelum Makan

Siapa yang punya kebiasaan minum dulu, baru makan? Kebiasaan ini membuat perut merasa kenyang terlebih dahulu sebelum makan makanan berat. Pastikan untuk tidak minum terlebih dahulu sebelum makan. Apalagi, jika minuman yang dikonsumsi mengenyangkan dan punya rasa manis. Bakalan cepet kenyang, tuh. Biasakan untuk minum air putih setelah makan untuk memberikan rasa segar, tidak cepat kenyang dan juga bisa menambah kebutuhan cairan tubuh.

6. Makan Porsi Kecil Namun Sering

Sebagian orang yang kurus sering kali merasa cepat kenyang. Nggak heran jika biasanya sering kali melewatkan jadwal makanan utama. Kebiasaan ini harus segera diperbaiki ya. Mulailah dengan makan dengan porsi kecil, namun sering.

Makan dengan porsi kecil jauh lebih efektif untuk menambah berat badan daripada jumlah besar namun jarang. Jika biasanya kamu makan 3 kali sehari. Ubahlah dengan makan porsi kecil dengan jumlah 5-6 kali sehari. Pastikan juga jika menu yang dikonsumsi tinggi kalori, menyehatkan dan kaya nutrisi ya.

7. Makan Sebelum Tidur

Saat tidur, tubuh mengalami proses regenerasi sel dan jaringan yang rusak. Tentu saja makanan punya peran yang penting untuk mendukung proses ini sebagai pemasok energi. Jadi, makan sebelum tidur sangat direkomendasikan. Namun, pastikan jika makanan yang dikonsumsi ramah untuk kesehatan perutmu.

Daripada memilih nasi goreng super pedas atau ayam pedas yang bisa membuat perut mulas tengah malam. Lebih baik kamu memilih makan salad sayur, roti gandum, sup ayam sehat atau pasta. Jenis makanan ini lebih ramah di lambung, sehingga kamu juga bisa beristirahat dengan tenang di malam hari.

8. Rajin Berolahraga

Olahraga ternyata tidak hanya disarankan untuk menguruskan berat badan saja, lho. Namun, olahraga membantu menguatkan otot dan merangsang nafsu makan. Orang dengan tubuh kurus juga direkomendasikan untuk olahraga untuk membakar kalori dan lemak jahat yang ada dalam tubuh.

Pemilihan olahraga untuk orang yang kurus tentu saja juga berbeda. Hindari latihan kardio berat, apalagi jika proses metabolisme tubuhmu tergolong cepat. Gerakan aerobik, bersepeda atau berlari adalah beberapa latihan yang sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena bisa mengurangi lemak tubuh yang diperlukan untuk menggemukkan badan.

9. Hindari Begadang

Beberapa orang hanya tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya. Lembur pekerjaan, melakukan hobi hingga gaya hidup sering kali harus mengorbankan waktu tidur. Padahal, ketika tidur tubuh melakukan banyak proses perbaikan sel dan juga regenerasi yang diperlukan oleh tubuh. Kurang tidur juga bisa memicu gangguan kesehatan seperti stres. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidur paling tidak 8 jam pada malam hari.

10. Konsumsi Banyak Air Putih

70% Bagian tubuh manusia terdiri dari cairan. Tahukah kamu jika sebagian besar orang bertubuh kurus kurang cairan? Kondisi ini tentu saja dapat menghambat proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Jangan tunggu ketika tubuh haus untuk minum air putih. Biasakan untuk mengonsumsi porsi sedikit namun sering. Dalam sehari, pastikan untuk mengonsumsi 2 liter air atau 8 gelas air.

10 Cara menggemukkan badan dengan cara alami dan menyehatkan di atas, nggak terlalu berat kan? Yuk coba untuk cek berat badan idealmu dan lakukan gaya hidup sehat untuk memperoleh berat badan impian. Semoga berhasil!

(kpl/ayu)

Editor :   Ayu Miranti

Join Kapanlagi.com